Perbedaan SEO vs SEM, Manakah yang Terbaik?

Daftar Isi [Tutup]
    Sumber Freepik


    Bahas SEO vs SEM

    Kamu punya website dan pengen optimasi in supaya muncul di posisi teratas Google? 

    Ada dua cara yang bisa kamu pakai SEO dan SEM, Eitss tapi keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing yang perlu kamu pertimbangkan lho, Kira-kira apa ya? Nah di artikel kali ini aku bakalan ngebahas di perbandingan antara SEO VS SEM. 

    Aku juga akan ngasih sedikit tips buat nentuin mana yang terbaik buat website kamu, SEO atau search engine optimization adalah optimasi untuk mendapatkan trafik tinggi dari hasil pencarian organik, Namun hasil yang maksimal cuma bisa tercapai kalau ikutin aturannya di tetapkan mesin pencari.

    Kalau SEM atau search engine Marketing adalah strategi Marketing untuk meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian, Dimana kamu akan menggunakan beberapa keyword yang berhubungan dengan produk yang dijual, Misalnya ada orang yang cari pakai keyword tersebut, Google akan menampilkannya secara berbayar jadi setiap ada yang klik iklan tersebut kamu akan dikenai biaya. 

    Nah SEO dan SEM ini sama-sama bermanfaat untuk membantu website muncul di hasil pencarian dan meningkatkan trafik. Keduanya juga butuh riset keyword serta pemahaman audience yang baik. 

    Apa Perbedaan SEO dan SEM?

    Nah setelah tahu pengertiannya masing-masing, Sekarang apa aja sih perbedaan keduanya? 

    Perbedaan SEO dan SEM

    1. Pertama ada ikon-ikon pada hasil pencarian SEM, Kamu akan melihat icon [iklan] pada link-nya, soalnya hasil penerapan SEM memang berupa iklan. Sedangkan hasil penerapan SEO nggak akan ada embel-embel icon [iklannya]. 
    2. Kedua berbayar dan gratis, Kamu akan dikenakan biaya untuk setiap klik yang datang dari penerapan SEM, Sementara itu penerapan SEO tak perlu mengeluarkan biaya. 
    3. Ketiga di SEM bisa pilih target audience, Berbeda dengan SEO, di SEM kamu bisa memilih untuk ditampilkan kalau audience tertentu berdasarkan umur, lokasi dan masih banyak lagi. 
    4. Keempat hasil SEM lebih cepat dibandingkan SEO dengan SEM iklanmu bisa muncul relatif lebih cepat dibandingkan SEO, Kamu juga bisa mematikan dan mengaktifkan lagi SEM sesuka hati sedangkan SEO Butuh waktu buat lihat hasilnya, Bisa membaik atau bahkan bisa memburuk 
    5. Kelima SEM lebih bisa di testing daripada SEO, Karena hasilnya SEM cepat kelihatan Makanya kamu akan lebih gampang tuh kalau misalnya mau ngetes Apakah iklan diterima dengan baik ataupun Enggak. 
    6. Kamu juga tinggal ganti judul iklan, target audience ataupun konten dari Lending Page untuk ngetes. Nah kamu nggak bisa melakukan ini di SEO, Tenang SEO bagus untuk jangka panjang, SEM itu hanya aktif selama kamu bayar biaya untuk tampil di hasil pencarian sebaliknya SEO akan terus berkembang seiring waktu dan hasilnya bisa bertahan lebih lama. 
    7. Ketujuh potensi SEO lebih tinggi dibanding dengan SEM, Berdasarkan hasil riset Top 3 hasil pencarian Google itu mendapatkan CTR terbanyak, Jadi kalau website kamu bisa muncul di tiga teratas kemungkinan SEO bisa mengalahkan iklan SEM. 

    Terus Pilih SEO Apa SEM?

    Sumber Freepik

    Nah kalau website kamu itu ada di luar top 3 atau halaman kedua kedua, Kemungkinan CTR SEM yang lebih banyak. Nah kira-kira SEO apa SEM yah yang terbaik buat kamu? Supaya enggak bingung coba kamu pertimbangkan hal-hal berikut ini: 

    1. Pertimbangkan Pesaing Kamu 

    Coba amati dulu kompetitor kamu, Apakah mereka pakai SEO aja, SEM aja, Ataupun keduanya. Cari tahu juga keyword mereka yang mendatangkan pencarian organik banyak.

    Terus kira-kira Apakah ada celah untuk merebut posisi kompetitor dengan SEO? 

    Nah kalau emang dirasa gak memungkinkan mengalahkan pakai SEO, Coba lihat keyword berbayar yang mereka pakai, Kamu bisa tiru ataupun cari celah untuk menggunakan SEM. Nah untuk melakukan riset keyword tadi pakai tools gratis yang tersedia

    2. Seberapa Paham Kamu dengan Industri yang kamu Geluti?

    Kalau kamu emang udah lama di industri yang kamu geluti, Pasti kamu udah paham dong dengan keinginan audience, Jadi sebaiknya kamu pakai strategi SEO jangka panjang, Tapi kalau kamu orang belum yakini dengan respon audience dan kompetitor kamu bisa pakai SEM dulu testing sembari merencanakan SEO yang jangka panjang. 

    3. Pertimbangkan Biaya 

    Kamu harus reset dulu tuh Berapa biaya yang akan kamu keluarkan, Terus pertimbangkan juga dengan anggaran kamu, Kira-kira apakah cukup untuk optimasi salah satunya ataupun keduanya secara bersamaan. 

    4. Pertimbangkan Umur Website 

    Kalau kamu baru buat website kemarin sebaiknya kamu pakai SEO dan SEM secara bersamaan, Soalnya SEM itu bisa bantu mendatangkan trafik di awal-awal sembari mengoptimasi SEO. Kalau udah berjalan cukup lama dan SEO sudah membuahkan hasil, Baru kamu bisa pertimbangkan pakai SEM atau kamu fokus optimasi SEO aja. 

    5. Lihat Status Website 

    Kamu wajib banget riset tentang website kamu tujuannya untuk mengetahui apakah website kamu itu punya potensi berkembang dengan SEO yang sudah berjalan. Kalau kaget ia ternyata hasilnya enggak terlalu baik mending pakai SEO buat ningkatin traffic. 

    Nah kau bisa riset website mu pakai Tools SEO, Itu tadi perbedaan SEO dan SEM plus tips yang terbaik nih buat website kamu, Baik SEO ataupun SEM punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, Apapun  pilihanmu pastikan kamu udah riset dulu ya! Supaya strategi yang kamu pilih mencapai hasil yang maksimal. 

    Kalau kamu mau fokus di SEO nih aku kasih beberapa Ilmu gratis tentang SEO. Langsung aja cek di sini ya, Segitu dulu aja penjelasan dari aku jangan lupa share ke semua akun Social media kamu, Supaya kamu nggak Ketinggalan informasi menarik lainnya dan bye bye.

    Posting Komentar

    Lebih baru Lebih lama

    Formulir Kontak