Tips Merasa Lebih Bugar di Pagi Hari

Daftar Isi [Tutup]

    Jika Anda merasa perlu waktu lama untuk bangun, atau Anda merasa seperti zombie selama beberapa jam pertama di pagi hari, Anda tidak sendirian. Ini adalah kejadian umum dan disebabkan oleh berkurangnya aliran darah dan sirkulasi oksigen dalam tubuh setelah tidur semalaman. 

    Untungnya, dengan merawat tubuh Anda sebelum dan sesudah Anda tidur dan melakukan peregangan ringan di pagi hari, Anda dapat meningkatkan kebugaran dan kesehatan Anda setiap pagi dan merasa mampu menghadapi dunia untuk melakukan kegiatan sehari-hari dengan penuh energi dan setelah menyelesaikan kegiatan tersebut masih memiliki semangat dan tenaga cadangan untuk menikmati waktu senggang dan siap untuk melakukan kegiatan lain yang mendadak ataupun tidak. 

    Nah daripada penasaran kita mulai aja ya! Inilah Tips Merasa Bugar di Pagi Hari!

    Melakukan Latihan Pagi

    1. Melakukan Peregangan Ringan

    Sumber Freepik

    Mulailah hari Anda dengan beberapa peregangan ringan untuk mengendurkan otot-otot Anda

    Tubuh Anda akan terasa sangat kaku setelah tidur selama 8 jam. Lakukan peregangan ringan hingga sedang dalam 5 menit pertama setelah Anda bangun untuk mendapatkan energi dan motivasi di pagi hari.

    Dalam posisi berdiri, angkat satu kaki ke atas hingga sejajar dengan lantai, lalu rentangkan tangan ke depan hingga menyentuh jari kaki. Tahan selama 20 detik lalu ulangi dengan kaki Anda yang lain. Ini akan meregangkan paha belakang dan kaki Anda.

    Putar lengan Anda seperti kincir angin untuk meregangkan lengan dan bahu Anda. Regangkan leher Anda dengan memiringkan dagu ke bawah dan ke atas, lalu memiringkan kepala ke kiri dan ke kanan.

    Anda harus mendorong diri Anda untuk merasakan ketegangan, tetapi bukan rasa sakit. Berhenti melakukan peregangan jika mulai terasa sakit.

    2. Melakukan Push-up Minimal 1 Set

    Sumber freepik

    Lakukan satu set push-up dan satu set sit-up. Melakukan beberapa push-up dan sit-up di pagi hari akan membantu sirkulasi darah Anda dan juga akan melatih otot-otot Anda untuk membuat Anda lebih aktif sepanjang hari. Lakukan 1 set masing-masing push-up dan sit-up, batasi diri Anda untuk menyelesaikan sebanyak yang Anda rasa nyaman tanpa menjadi lelah.

    Push-up adalah cara yang bagus untuk membangun otot, lakukan secukupnya untuk membuat jantung Anda terpompa jangan sampai berlebihan karna otot-otot Anda mungkin sedikit sakit.

    Tidak ada pedoman yang ditetapkan untuk berapa banyak sit-up atau push-up yang harus disertakan dalam setiap set. Jika Anda merasa nyaman, lakukan 10 kali dari setiap latihan.

    3. Melakukan Jumping Jacks

    Sumber Freepik

    Lakukan satu set jumping jacks untuk melibatkan kaki dan bahu Anda. Jumping jacks adalah latihan kardiovaskular yang bagus untuk meningkatkan detak jantung Anda dan juga melatih kaki dan bahu Anda. Lakukan 30 hingga 50 lompatan setelah Anda bangun untuk memulai detak jantung Anda dan segera mendapatkan energi.

    Jika Anda tidak dapat melakukan 30 jumping jacks, pertimbangkan untuk melakukan 2 set 15 atau 3 set 10 untuk hasil akhir yang sama.

    Pastikan untuk melakukan jumping jacks setelah Anda melakukan peregangan untuk meminimalkan risiko cedera.

    4. Melakukan Squat Jongkok

    Sumber Freepik

    Lakukan satu set jongkok untuk memulai metabolisme dan membangun otot. Squat melatih kelompok otot terbesar Anda di kaki Anda dan dengan demikian memiliki efek peningkatan yang luar biasa pada metabolisme Anda setelah berolahraga. Lakukan squat setelah peregangan pagi Anda untuk menyiapkan tubuh Anda untuk hari itu dan untuk meningkatkan mobilitas, keseimbangan, dan postur tubuh Anda. 

    Squat adalah latihan yang bagus untuk meningkatkan rentang gerak di pinggul dan pergelangan kaki Anda, yang juga membantu mengurangi nyeri punggung bawah dan lutut. Namun, lutut Anda tidak boleh melewati bidang jari-jari kaki Anda, jika tidak, Mungkin dapat merusak sendi di lutut Anda.

    5. Lari Pagi Santai

    Sumber Freepik

    Pergi untuk berlari atau berjalan santai. Berlari dan menghirup udara segar di luar dapat menyegarkan Anda dan membangunkan Anda dengan sangat cepat setelah Anda bangun dari tempat tidur. Pertimbangkan untuk melakukan lari singkat selama 5-10 menit di pagi hari untuk menyegarkan diri dan merasa berenergi sepanjang hari. 

    Ini tidak harus lari sangat cepat, pergi untuk joging ringan masih akan meningkatkan metabolisme Anda dan memberi Anda latihan yang bagus.

    Jika Anda tidak dapat berlari, cobalah berjalan selama 30-40 menit untuk hasil yang kurang lebih sama.

    Menyegarkan Tubuh Anda

    1. Minum Segelas Air Putih

    Sumber Freepik

    Minumlah segelas air pertama di pagi hari. Anda mungkin merasa ingin minum air saat bangun tidur, tetapi bagaimanapun juga tubuh Anda membutuhkannya. Minum segelas air atau sekitar 240 mL. segera setelah bangun tidur untuk mempercepat metabolisme Anda dan membantu Anda merasa lebih baik. 

    Jika Anda berangkat pagi-pagi untuk pergi bekerja, cobalah untuk minum segelas air kedua juga sebelum meninggalkan rumah. Ini akan membantu Anda tetap fokus di pagi hari dan mendorong Anda untuk tetap terhidrasi sepanjang hari. Pertimbangkan untuk mengisi botol air untuk anda bawa.

    2. Makanan Yang Bergizi

    Sumber Freepik

    Makanlah sarapan yang bergizi dan mengenyangkan. Memulai hari dengan sarapan yang sehat akan memberi Anda energi untuk pagi hari dan mencegah Anda merasa grogi. Makanlah sarapan yang menggabungkan karbohidrat, serat, dan protein yang sehat untuk mengawali hari Anda dengan energi. 

    Buah-buahan, gandum utuh, dan protein sederhana bekerja paling baik di pagi hari. Telur, keju, yogurt juga merupakan pilihan yang baik untuk makan pagi.
    Hindari makan karbohidrat berat atau porsi besar untuk sarapan, makan terlalu banyak dapat menyebabkan Anda merasa lebih lamban daripada berenergi.

    3. Meditasi 

    Sumber Freepik

    Lakukan latihan pernapasan untuk menjernihkan pikiran. Melakukan latihan pernapasan atau meditasi di pagi hari dapat membantu memberi Anda pola pikir yang segar dan menghilangkan kecemasan atau ketegangan pada otot Anda. Bermeditasi selama 5 menit setiap pagi untuk memulai hari Anda dalam keadaan tenang dan santai. 

    Saat melakukan pernapasan dalam, tarik napas dalam-dalam ke perut Anda dan tahan selama 5-7 detik sebelum melepaskannya. Anda akan menemukan bahwa ketegangan di tubuh Anda rileks saat Anda mengeluarkan napas.

    4. Tunda Minum Kopi

    Sumber Freepik

    Banyak dari kita minum kopi di pagi hari. Namun, minum kopi tepat setelah Anda bangun sebenarnya mengurangi efek kafein dan membuat Anda membangun toleransi terhadap obat lebih cepat. Pertimbangkan menunggu beberapa jam sebelum minum kopi untuk memastikan Anda mendapatkan efek penuh dari kafein. 

    Misalnya, jika Anda bangun pukul 7:00, pertimbangkan untuk menunggu hingga sekitar pukul 10:00 sebelum minum kopi.

    Untuk hasil yang lebih baik lagi, hentikan kopi sepenuhnya dari rutinitas pagi Anda yang biasa dan minumlah hanya pada hari-hari ketika Anda benar-benar perlu (misalnya, ketika Anda harus bangun lebih awal dari biasanya).

    Mempersiapkan Malam Sebelumnya

    1. Bersantai Sebelum Tidur

    Sumber Freepik

    Bersantai dan bersantailah selama 1 jam sebelum tidur. Jika Anda stres atau terlalu aktif sampai Anda pergi tidur, tubuh Anda akan membutuhkan waktu lebih lama untuk jatuh ke kondisi tidur yang nyenyak. Beri diri Anda satu jam sebelum tidur untuk melepas lelah dan melakukan aktivitas santai untuk membantu tubuh Anda tidur lebih cepat. 

    Contoh beberapa kegiatan santai mungkin termasuk membaca, menonton acara TV favorit Anda, atau mendengarkan musik yang menenangkan.
    Bermeditasi atau melakukan latihan pernapasan juga merupakan cara yang baik untuk merilekskan tubuh dan pikiran Anda saat Anda bersiap untuk tidur.

    2. Hindari Makan Sebelum Tidur

    Sumber Freepik

    Menahan diri dari makan tepat sebelum tidur untuk menghindari mencerna makanan sepanjang malam. Tubuh Anda menggunakan banyak energi untuk mencerna makanan secara perlahan, jadi jika Anda makan banyak sebelum tidur, Anda akan mencerna makanan itu sepanjang malam dan mengganggu pola tidur Anda. 

    Makanlah lebih awal di malam hari untuk memastikan tidur Anda lebih nyenyak. Jika Anda benar-benar tidak dapat menghindari makan sebelum tidur, cobalah untuk hanya makan makanan ringan dan tetap berpegang pada makanan yang paling tidak mengganggu tidur Anda. Ini termasuk ceri, pisang, atau nasi.

    Anda harus menghindari makan cokelat hitam atau minum kopi atau anggur sebelum tidur.

    3. Minum Segelar Air Sebelum Tidur

    Sumber Freepik

    Minumlah segelas air sebelum tidur agar tetap terhidrasi. Bahkan saat Anda tidur, tubuh Anda masih menjalankan banyak fungsi normalnya dan akan menggunakan air dalam prosesnya. Minumlah air sebelum tidur untuk menjaga tubuh Anda terhidrasi, membantu pencernaan, dan membantu detoksifikasi tubuh Anda saat Anda tidur. 

    Pertimbangkan untuk membeli botol olahraga dengan penutup yang dapat ditutup rapat dan menyimpannya di samping tempat tidur Anda. 

    4. Jam Tidur Yang Teratur

    Sumber Freepik

    Pergi tidur pada waktu yang sama setiap malam, Tubuh Anda memiliki jam internalnya sendiri yang mengikutinya secara alami, jadi tidur dan bangun pada waktu yang teratur setiap hari akan membantunya merasa berenergi dan efisien. Pilih waktu tidur dan patuhi itu setiap malam untuk menghindari perasaan lesu di pagi hari. 

    Apa pun waktu tidur yang Anda pilih, usahakan untuk tidur 7-8 jam setiap malam.
    Patuhi jadwal tidur ini bahkan di akhir pekan dan hari-hari ketika Anda tidak harus bangun lebih awal. Tubuh Anda akan lebih terasa bugar!.

    5. Bangun Tepat Waktu

    Sumber Freepik

    Bangun tepat waktu dan jangan biarkan diri Anda kesiangan. Tidur berlebihan dapat membuat Anda merasa lelah dan lesu dengan cara yang sama seperti tidak cukup tidur. Atur alarm agar berbunyi kira-kira 8 jam setelah waktu tidur Anda dan jangan biarkan diri Anda tertidur lagi!

    Pertimbangkan untuk menggunakan alarm yang tidak menyertakan opsi tunda. Jika Anda tahu alarm Anda tidak akan berulang, Anda akan lebih cenderung untuk bangun dari tempat tidur dan memulai hari Anda setelah berbunyi pertama kali.
    Cobalah untuk menghindari tidur lebih dari 9 jam, karena hal ini dapat berdampak negatif pada suasana hati Anda keesokan harinya.

    Posting Komentar

    Lebih baru Lebih lama

    Formulir Kontak