Cara instal database MySQL dan Settingan Awal MySQL

Daftar Isi [Tutup]

    MySQL adalah salah satu RDBMS yang dapat membantu anda mengelola database yang cukup kompleks dengan berbagai relasi data yang digunakan. Inilah salah satu keunggulannya. 

    MySQL juga sangat populer dikalangan mahasiswa, Oh iya kenapa sih bisa populer dikalangan mahasiswa ? jawabannya karna gratis dan banyak fiturnya. bukan cuman mahasiswa yang make lho bahkan digunakan banyak perusahaan diseluruh dunia.

    Setelah kita mengenal apa itu mysql dan mariadb, maka kali ini saya akan membahas tutorial cara instal MySQL dan MariaDB

    Cara Instal MySQL

    Pertama donwload mysql di situs resminya yaitu http://dev.mysql.com/downloads/mysql/. MySQL mendukung berbagai macam sistem operasi, namun karena sebagian besar kita menggunakan Windows, maka saya hanya menjelaskan tentang cara instalasi di Windows.

    Pada menu Select Operating System, silahkan pilih sistem operasi yang diinginkan.

    Installer MySQL terdiri dari 2 jenis, 

    1. file instalasi executable (exe) yang dinamakan Installer MSI, atau
    2. file ZIP. 
    Agar lebih mudah, sebaiknya pilih file MSI karena file ini berisi versi MySQL yang dilengkapi wizard untuk memandu kita dalam proses instalasi dan pengaturan awal, sedangkan untuk versi ZIP merupakan aplikasi MySQL tanpa proses instalasi.

    MySQL menyediakan 2 jenis file;

    • Versi Mini dengan ukuran kecil sekitar 2.3 MB
    Versi ukuran kecil sebenarnya adalah versi online installer, yang akan mendownload seluruh file MySQL pada saat proses instalasi berlangsung dan kita harus online.
    • Versi Full yang berukuran besar sekitar 439 MB

    Sedangkan yang berukuran besar adalah versi offline installer yang tidak perlu terkoneksi ke internet ketika proses instalasi. Disini saya memilih versi offline.

    Pada halaman ini MySQL menampilkan form login atau membuat akun di mysql.com jika berminat, Jika kita ingin langsung download, bisa klik link No thanks, just start my download.

    Proses Instalasi MySQL

    Setelah proses download file MySQL selesai, kita akan mendapati file instalasi MySQL berupa: mysql-installer-community-8.0.29.0.msi. Seiring berjalan waktu MySQL mungkin akan mengeluarkan versi terbarunya namun langkah-langkah penginstalan kurang lebih masih sama.


    Lanjutkan dengan double klik file installer dan akan muncul beberapa kali jendela konfirmasi hak akses administrator, silahkan klik Yes.

    Pada halaman ini ada berbagai macam tipe instalasi. Mulai dari untuk developer default, server only, client only, full hingga custom, teman-teman bisa memilih tipe full jika mau. Itu akan menginstall semua paket aplikasi yang tersedia. 

    Tapi di sini saya memilih tipe custom agar bisa menyesuaikan sendiri mana aplikasi yang akan saya pasang.

    Klik tombol Next.


    Langkah berikutnya adalah memilih aplikasi yang akan kita install. Instalasi MySQL memiliki banyak komponen aplikasi bundle selain MySQL Server, seperti:

    1. Aplikasi admin untuk excel
    2. visual studio
    3. connector MySQL
    4. dan juga file dokumentasi

    Silahkan klik tombol tanda tambah (+) paling atas (MySQL Server), sampai anda menemukan: MySQL Server 8.0.29 – X64. Lalu klik tombol panah hijau ditengah-tengah jendela maka aplikasi akan berpindah dari “Available Product” ke “Product/Features To Be Installed“. 

    Klik tombol Next.

    Akan ditampilkan produk dan fitur apa saja yang ingin diinstal. Karena kita hanya memilih MySQL Server 8.0.29, maka hanya 1 aplikasi yang akan diinstall. Silahkan klik tombol Execute untuk memulai Proses Instalasi MySQL Server.

    Proses instalasi akan memakan waktu beberapa saat, dan ketika selesai, klik tombol Next beberapa kali hingga kita masuk ke bagian konfigurasi awal MySQL.

    Klik tombol Execute.

    Settingan Awal MySQL

    Setelah proses instalasi, MySQL akan masuk ke menu konfigurasi;

    Biarkan settingan default Development Computer dan port MySQL di 3306. 

    Klik tombol Next.


    Pada jendela Authentication Method, biarkan pilihan default di “Use Strong Password Encryption for Authentication“

    klik tombol Next.


    Langkah berikutnya adalah mengkonfigurasi user root MySQL. User ini adalah user dengan hak akses tertinggi untuk mengatur database MySQL atau sering disebut juga dengan superuser. User root memiliki hak akses kepada semua tabel dan database. sebagai bahan pembelajaran saya akan menggunakan password: “admin“.

    Pada bagian bawah terdapat pilihan untuk menambah user lain selain root. Namun untuk saat ini kita tidak memerlukannya. Akhiri jendela ini dengan men-klik tombol Next.

    klik tombol Next.


    MySQL windows service adalah service yang berjalan di balik layar. Secara default MySQL server akan dijalankan ketika sistem startup (dihidupkan). 

    Namun jika kita ingin MySQL jangan aktif setiap windows dinyalakan maka kita bisa hapus centang pada “Configure MySQL Server as Windows Service”

    klik tombol Next.


    Di jendela Product Configuration tidak ada pengaturan yang harus kita pilih, langsung saja klik tombol Execute. Proses instalasi MySQL Server sudah selesai dengan mengeklik Finish. 

    Menjalankan Aplikasi MySQL

    Setelah menginstall MySQL di atas, MySQL Server 8.0 secara otomatis juga telah berjalan di latar belakang. Kita akan mencoba mengakses MySQL Server ini.

    Untuk menguji apakah MySQL sudah terinstall dengan sempurna, kita akan coba mengakses MySQL Command Line Client dari menu Start –> MySQL –> MySQL 8.0 Command Line Client.


    Pada jendela DOS yang terbuka, masukkan password untuk user root yang telah kita buat tadi “admin”, lalu tekan Enter.  

    Jika tampilan “Welcome to the MySQL monitor” sudah muncul, berarti instalasi MySQL kita berjalan dengan baik. 

    Untuk testing perintah MySQL, ketik perintah SHOW DATABASES; (akhiri dengan tanda titik koma) lalu tekan Enter maka proses instalasi MySQL sudah selesai selamat Anda telah berhasil memasang MySQL Server serta mengkonfigurasinya jika belum berhasil silakan berikan komentar atas kendala yang terjadi.

    Post a Comment

    Previous Post Next Post

    Contact Form