Apa itu Content Writer dan Copywriter, Dan Apa Saja Perbedaannya?

Daftar Isi [Tutup]
    Sumber Freepik


    Hai Hai welcome tipsbaru.com! oke pada artikel kali ini gue akan membahas mengenai perbedaan content writer dan copywriter. 

    let's get started! Karena namanya yang hampir sama profesi ini sering membuat orang bingung. Padahal nyatanya copywritert dan content writer memiliki tugas yang berbeda. Lalu apakah perbedaan keduanya? Simak terus ya! 

    Apa Itu Content Writer?

    Sumber Freepik

    Sesuai dengan namanya seorang content writer bertugas untuk menuliskan content yang relevan dengan website atau sesuai dengan permintaan klien. Adapun konten yang dituliskan umumnya berupa artikel yang lebih panjang dan detail. 

    Sebelum menuliskan artikelnya seorang content writer akan mempertimbangkan penggunaan kata kunci atau keyword yang erat kaitannya dengan SEO, Tujuannya adalah agar artikel dapat lebih mudah ditemukan oleh target audiens pada mesin pencarian.

    Pada sebagian perusahaan, content writer termasuk ke dalam divisi marketing karena artikel dianggap dapat membantu perusahaan dalam memasarkan produknya melalui mesin pencarian Google sedangkan pada perusahaan media yang murni berisikan informasi. 

    Content writer masuk kedalam tim editorial di perusahaan seperti ini umumnya konten yang dibuat akan bertujuan untuk mengedukasi pembaca agar informasi yang kompleks dapat lebih mudah dimengerti oleh awam. 


    Skills apa saja yang diperlukan oleh content writer? 

    Sumber Freepik

    Meski menjadi seorang content writer tampak mudah, Beberapa skills berikut ini perlu dimiliki yang pertama yaitu: 

    Mudah Beradaptasi 

    Setiap website memiliki karakternya masing-masing dan memiliki target audience atau pembaca yang berbeda, Misalnya gaya bahasa pada konten kesehatan tentu akan berbeda dengan gaya bahasa pada website yang berisikan informasi finansial. Itulah mengapa seorang content writer harus mampu beradaptasi.

    Pengetahuan SEO

    Kemudian content Writter juga harus memiliki pengetahuan SEO, Seperti yang telah disebutkan, Sebelum menulis seorang content writer harus mempertimbangkan SEO keyword yang akan digunakan di dalam konten tersebut. Oleh karena itu akan jauh lebih baik jika seorang content writer juga memiliki pengetahuan mengenai SEO dan terus update mengenai perubahan algoritma Google.

    Memiliki Kemampuan Menganalisis atau Riset Yang Bagus

    Content writer yang memiliki kemampuan untuk meriset akan lebih efektif dalam mendapatkan informasi dan dapat menghasilkan konten yang memiliki kredibilitas. Selain tiga hal tersebut, seorang content writer juga diharapkan mampu bekerja dengan fokus dan terorganisir sehingga ia dapat dengan mudah menyelesaikan pekerjaannya sesuai dengan deadline. 


    Lalu Apa itu Copywriter? 

    Profesi copywriter juga menuliskan konten, Namun konten yang dituliskan lebih bersifat persuasif Tujuannya adalah untuk membujuk penerima pesan atau user mengambil keputusan untuk menggunakan produk atau jasa perusahaan tersebut. Nantinya akan dipasangkan di berbagai platform seperti website atau sosial media. 

    Seorang copywriter juga banyak terlibat dalam pembuatan teks atau script pada iklan TVC, radio ataupun media lainnya. Termasuk juga dalam pembuatan sebuah jingle atau slogan sebuah perusahaan.

    Diperlukan seseorang yang bisa berpikir kreatif menemukan kata-kata unik tanpa mengurangi nilai informasi yang ingin diberikan. 


    Apa saja skills yang dibutuhkan oleh seorang copywriter? 

    Sumber Freepik

    Adapun skills yang dibutuhkan oleh seorang copywriter adalah sebagai berikut yang pertama yaitu :

    Kreatif 

    Seorang copywriter setidaknya harus mampu menciptakan sesuatu yang baru dan hal ini tentunya akan sangat menantang, Bahkan bukan tidak mungkin kamu mengalami kebuntuan dalam mencari kata yang menarik saat kamu dihadapkan oleh produk yang tidak familiar. 

    Rasa Penasaran Yang Tinggi

    Kemudian memiliki rasa penasaran, ketika kamu dihadapkan oleh satu produk yang baru bagimu maka rasa ingin tahu yang cukup tinggi akan diperlukan, Pasalnya kamu perlu menggali lebih dalam mengenai produk tersebut hingga akhirnya dapat menghasilkan karya menarik. 

    Kemapuan Menulis Yang Baik

    Kemudian memiliki kemampuan menulis yang baik, Selain content writer, copywriter juga perlu memiliki kemampuan menulis dengan baik serta memiliki pengetahuan mengenai tata bahasa tanda baca dan bahkan memiliki kosakata yang luas disamping beberapa skill / kemampuan tersebut. 

    Kemapuan Riset

    Seorang copywriter juga perlu memiliki kemampuan untuk meriset memahami user experience atau pengalaman pengguna dan menghasilkan konten yang dapat menyentuh emosi pengguna. 


    Perbedaan Content Writter dan Copy Writter

    Intinya adalah copywriter bertujuan untuk menghasilkan konten yang lebih persuasif dan informatif sedangkan content writer lebih kepada menghasilkan konten yang lebih lengkap dan informatif seperti artikel. 

    Jadi jangan sampai kamu salah mengartikan keduanya atau bahkan salah mencarikan kandidat yang tepat untuk perusahaan kamu Oke. Thanks sudah baca artikel ini! Jangan lupa untuk share ke semua social media kamu agar bermanfaat untuk orang lain. Sampai jumpa di artikel selanjutnya Bye Bye.

    Post a Comment

    Previous Post Next Post

    Contact Form