Belajar Digital Marketing, Mulai Dari Mana?

Daftar Isi [Tutup]

    Sumber Freepik

    Bicara Tentang Digital Marketing

    Hai! Oke Guys banyak yang bertanya kepada saya Belajar Digital Marketing itu apa saja sih? jadi kayaknya luas banget gitu ya ada Iklan, ada Content Writing, ada Landing Page, macam-macam gitu kan. Berikut ini kita akan membahas digital marketing untuk pemula:

    Digital marketing bukan cuma soal promosi di media sosial aja lho! Ada banyak strategi yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan bisnis kamu. Kita bakal bahas semua hal yang perlu kamu tahu tentang belajar digital marketing. Penasaran kan? Penasaran dong! 

    Digital marketing adalah semua cara promosi yang dilakukan lewat internet. Termasuk lewat website, iklan online, afiliasi, email, dan tentu saja... promosi lewat media sosial. 

    Kenapa sih digital marketing itu penting banget buat kamu aplikasikan di bisnis kamu? Terus apa sih yang membedakan promosi online dengan promosi konvensional? 

    Begini jawabannya. Digital marketing murah dan cepat. Kamu nggak perlu mengantre untuk pasang iklan, mengurus perizinan, dan melakukan hal-hal ribet lainnya. Kamu tinggal masukkin materi iklan, tentukan budget sesuai dengan keinginan kamu, klik-klik sedikit, jadi deh! Tahu nggak sih, saking murah dan cepatnya, UKM yang memanfaatkan digital marketing bisa menghemat anggaran promosi hingga 40%. Lumayan banget kan? Kemudian lewat promosi online, kamu bisa menargetkan calon konsumen kamu secara lebih spesifik. Kamu juga bisa mengatur siapa yang bisa melihat iklan kamu. Mulai dari lokasi, usia, minat, hingga jenis kelamin konsumen. 

    Selanjutnya, marketing digital jauh lebih efektif. Baik dari sisi biaya, waktu, hingga target pasar yang dibidik. Jadi, jangan heran kalau menurut laporan Google, pebisnis yang menggunakan digital marketing bisa untung 3x lipat dibanding dengan pebisnis yang masih menggunakan marketing tradisional. 

    Yang terakhir, digital marketing itu interaktif. Kamu bisa langsung tahu tanggapan konsumen kamu soal iklan atau produk yang kamu jual. Ini tentu saja akan memudahkan kamu untuk melakukan riset pasar, berinteraksi dengan para pelanggan, dan lebih dekat dengan mereka. 

    Kunci Strategi Digital Marketing

    Sumber Freepik

    Nah, kamu udah tahu kan apa aja kelebihan dari digital marketing. Sekarang saatnya kita membahas tentang Kunci strategi digital marketing yang bisa kamu terapkan di bisnis kamu. 

    1. Search Engine Optimization atau biasa disebut SEO

    Yang pertama, Search Engine Optimization. SEO adalah cara optimasi website yang dilakukan supaya website kamu bisa mendapatkan ranking yang bagus di hasil pencarian Google. Semakin tinggi rankingnya, semakin banyak pula traffic yang akan kamu dapat. Dan dari sana, kamu bisa mendapatkan uang yang lebih banyak. 

    2. Content Marketing

    Yang kedua, content marketing. Content marketing adalah cara promosi melalui konten. Ini bukan sembarang konten lho ya. Konten yang dibuat haruslah penting dan relevan dengan kebutuhan calon pelanggan. Lebih oke lagi, kalau kamu bisa membuat konten yang menjawab permasalahan dari calon pelanggan kamu. Solusi yang dimaksud tentu saja masih berhubungan dengan produk/layanan yang kamu jual. Selain itu, content marketing harus konsisten. Karena cara marketing online yang satu ini persaingannya sangat ketat. Kalau kamu lengah, kamu bisa saja dikejar oleh para kompetitor kamu.

    3. Social Media Marketing

    Yang ketiga, Social Media Marketing. Kamu pasti sudah sangat familiar dengan cara marketing yang satu ini. Social media marketing adalah cara promosi yang dilakukan melalui media sosial. Lewat cara yang satu ini, kamu bisa luwes berinteraksi dengan konsumen kamu dan menjadi lebih dekat dengan mereka. 

    4. Pay Per Click (PPC)

    Yang keempat, Pay Per Click (PPC). PPC adalah salah satu model internet marketing, di mana kamu hanya perlu membayar biaya iklan untuk tiap iklan yang diklik oleh target audiens kamu. Cara marketing macam ini tentunya akan lebih hemat ongkos dan efektif. Beberapa layanan PPC, misalnya Google Ads, Facebook Ads, dan Instagram Ads. 

    5. Affiliate Marketing

    Yang kelima, Affiliate Marketing atau Afiliasi. Lewat program afiliasi, kamu mengajak orang lain untuk mengiklankan produk/layanan yang kamu jual. Sebagai gantinya, kamu akan membayar komisi kepada mereka untuk tiap produk/layanan yang terjual. Dengan cara marketing macam ini, ongkos promosi kamu akan jauh lebih hemat. Selain itu, kamu juga bisa menjangkau pasar yang sebelumnya tidak terpikirkan sama sekali. 

    6. Email Marketing

    Yang keenam, Email Marketing. Email marketing adalah sebuah cara promosi yang dilakukan melalui newsletter atau email. Cara promosi ini mungkin terkesan kuno. Tapi jangan salah. Menurut McKinsey, email marketing justru 40x lipat lebih efektif dibandingkan Facebook ataupun Twitter. Karena sifat email marketing jauh lebih personal. 

    7. Google Bisnisku

    Yang terakhir, Google Bisnisku. Ini adalah layanan khusus Google yang akan memudahkan calon konsumen kamu untuk mengetahui informasi lengkap seputar bisnis kamu. Mulai dari alamat, nomor telpon, jam operasional, website, foto, hingga review perusahaan kamu. 

    Yak! Itu tadi Kunci Strategi Digital Marketing yang wajib kamu terapkan di dalam bisnis kamu. Aku yakin, Artikel ini belum cukup menjawab rasa penasaran kamu. Kamu pasti masih pengen Belajar Digital Marketing secara lebih dalam kan? Tenang aja. Aku bakalan sedain semua materi yang kamu butuhin untuk belajar digital marketing. Mulai dari Artikel, Hingga video tutorial. Semuanya bisa kamu dapetin lewat link tipsbaru.com ini ya. 

    Kalau kamu masih ada pertanyaan ataupun saran, jangan lupa untuk tinggalin di kolom komentar. Segitu dulu Artikel kali ini. Jangan lupa untuk share ke semua sosial media kamu. Kita ketemu lagi di artikel berikutnya. Sampai jumpa!

    Post a Comment

    Previous Post Next Post

    Contact Form