Gendut Faktor Keturunan? Apakah Benar?

Daftar Isi [Tutup]
    Sumber Freepik


    Kenapa Bisa Gemuk?

    Di seluruh dunia, hampir 40% orang dewasa mengalami kegemukan, Bahkan sampai obesitas! Mungkin kita termasuk salah satunya. 

    Tapi, sebetulnya apa sih yang bikin kita bisa kegemukan? Benarkah karena faktor keturunan? Singkatnya, ada beberapa kondisi yang bikin orang jadi kegemukan. 

    Percaya atau nggak, ada kegemukan yang memang disengaja. Entah biar makin seksi, atau biar jadi tak tergoyahkan. Tapi, gen keturunan juga memang bikin kegemukan lho. Tapi faktor ini ternyata nggak ngaruh-ngaruh banget seperti yang kita bayangkan! Faktanya, tersangka utama penyebab kegemukan adalah "Pola Makan"

    Sumber Freepik

    Setiap hari kita makan, agar punya energi untuk beraktivitas. Energi ini dihitung dengan satuan kalori, dan kebutuhan kalori harian tiap orang bisa berbeda-beda. Idealnya, jumlah kalori yang kita konsumsi, selalu habis kita pakai beraktivitas. Tapi yang namanya hidup memang, ehm penuh godaan. Jadi saat keluar masuknya energi tidak seimbang, tubuh otomatis bakal menyimpan sisa kalori kita menjadi.... ya! Cadangan lemak

    Nah, kita bisa disebut kegemukan saat total lemak di tubuh kita membeludak lebih dari batas wajar. Kalo gitu Kenapa kita harus punya cadangan lemak seperti anjing laut di kutub? Jadi, sejarahnya nenek moyang kita dulu hidup di jaman yang kondisinya sangat-sangat ekstrim. Akibatnya banyak yang tidak sanggup bertahan makanya tubuh manusia pelan-pelan beradaptasi, baik fisik maupun pola makannya sampai akhirnya punya cadangan lemak seperti mamalia lain, termasuk onta. 

    Tapi, tujuannya simple, yaitu supaya bisa terus bertahan hidup. Bedanya nenek moyang kita banyak bergerak, Sementara kita di jaman sekarang... Hhhh....... Dan yang paling membedakan kita dengan para nenek moyang yaitu jelas gaya hidupnya. Jaman sekarang banyak makanan berkalori tinggi yang enak enak dan juga sangat sangat sangat gampang didapat. 

    "Sementara itu 8 dari 10 orang di dunia terbukti memang malas gerak. Gimana gak kegemukan?" 

    Kita mungkin kurang sadar kalo penyebab kematian terganas di Indonesia banyak yang dipicu oleh kegemukan. Padahal kegemukan itu bisa banget dicegah. Misalnya dengan makan sesuatu yang sangat nikmat tapi sesuai kebutuhan tubuh saja. Karena nabung lemak itu seperti halnya nabung duit. Sedikit - sedikit, lama lama menjadi bukit. Hehehe. 

    Gimana Cara Ngatasin Kegemukan?

    Biasanya, untuk mengatasi kegemukan, hal yang pertama akan dilakukan adalah dengan cara mengatur serta mengubah gaya hidup serta pola makan terlebih dahulu. Pola hidup yang sehat tetap harus diterapkan, apapun penyebabnya.

    Dan seperti biasa, Terima kasih. Sampai Bertemu di Artikel Menarik Lainnya!

    Posting Komentar

    Lebih baru Lebih lama

    Formulir Kontak