Sedalam Apa Bumi Yang Bisa Kita Gali? Ada Apa Didalam Bumi?

Daftar Isi [Tutup]

    Sumber Freepik

    Bisakah Menggali Hingga Inti Bumi?

    Sejak dari kecil, tiap kali kita ngeliat orang lagi menggali kuburan, kita suka berandai-andai seberapa dalam sih kita bisa menggali ke bumi? jawabanya saat ini adalah 12 kilometer. 



    Sebab proyek penggalian pada tahun 1970 di Rusia bernama Kola Superdeep Borehole adalah galian terdalam yang pernah dicoba oleh manusia. Mungkin angka tersebut tak terdengar fantastis!

    Tapi ayo kita lihat perspektifnya Tinggi Monas adalah 137 meter, Menara Eiffel 2 kali lipatnya tinggi Monas, sedangkan gedung tertinggi di dunia tingginya adalah 828 meter, Tapi jelas masih kalah sama Gunung Bromo yang berada 2,3 km di atas permukaan laut, tapi jelas masih kalah sama Gunung Everest, gunung tertinggi di dunia yang tingginya 8,8 km dan kemudian masih kalah sama palung terdalam di dunia, Palung Mariana 10,9 km, tapi itu semua akhirnya kalah oleh Kola Superdeep Borehole, galian terdalam yang pernah dicoba manusia sedalam 12 Km.

    Kalau Digali Terus Gimana?

    Kemudian muncul pertanyaan, bisa gak sih kita menggali lebih dalam lagi? jawaban singkatnya secara teori, bisa, tapi banyak faktor kesulitan yang harus dihadapi pertama adalah temperatur, semakin kita menggali lebih dalam semakin dekat kita ke inti bumi artinya semakin panas suhu di bawah sana, Kola Superdeep Borehole sendiri punya temperatur 180 derajat celsius di bawah sana, jadi pastinya kipas angin aja gak cukup untuk nemenin kita menggali ke bawah sana kemudian dengan suhu yang sangat panas tersebut. 

    Belum ada teknologi alat pengeboran efisien untuk kita menggali lebih dalam lagi. Meskipun sangat mungkin untuk mengembangkan teknologi bor yang baru tapi biayanya akan jadi jadi sangat mahal dan tak masuk akal bagi perusahaan atau negara untuk mencobakan hal itu tak seperti misalnya program luar angkasa yang selalu menghasilkan terobosan tiap tahunnya, tak ada jaminan program menggali ke inti bumi ini memiliki terobosan yang berarti.

    Mungkin ketika teknologi semakin murah di masa depan muncullah secercah harapan bagi kita perjalanan kita tentu masih panjang, jika bumi itu sebesar apel, kita sama sekali belum menembus kulit apelnya jadi, ya, kita manusia memang sekecil itu, atau mungkin, ya, bumi yang sebesar itu.

    Nantikan artikel Unik lainnya.. Terima Kasih. See U..

    Posting Komentar

    Lebih baru Lebih lama

    Formulir Kontak