Tips Mengatasi Hari yang Buruk di Tempat Kerja

Daftar Isi [Tutup]

    Hari-hari yang buruk di tempat kerja dapat memperlambat Anda dan membuat Anda merasa kewalahan, tetapi itu tidak berarti setiap hari yang datang setelahnya akan sama persis. Hari yang buruk juga akan berlalu. Terkadang hari-hari paling suram mengarah ke sesuatu yang lebih cerah di sisi lain. 

    Berikut adalah panduan untuk bangkit kembali ketika hari Anda di kantor tidak berjalan sesuai rencana.

    Melakukan aktivitas fisik.

    Sumber Freepik


    Setiap jenis latihan adalah reset yang bagus. Membuat tubuh Anda bergerak melepaskan bahan kimia di otak Anda yang disebut endorfin, yang meningkatkan suasana hati Anda secara keseluruhan dan mengganggu pemikiran negatif yang dapat terjadi setelah hari yang buruk.

    Lakukan yoga di rumah atau, jika Anda ingin berada di dekat orang lain, daftarlah untuk mengikuti kelas dansa. Temukan apa yang Anda sukai, dan jadikan itu bagian dari rutinitas harian atau mingguan Anda.
    Jika Anda masih bekerja, bangunlah dari meja Anda dan lakukan peregangan ringan dengan menyentuh jari-jari kaki, meraih tangan di atas kepala, dan bersandar dari sisi ke sisi.

    Pergi ke luar.

    Sumber Freepik


    Berjalan-jalan di sekitar lingkungan Anda. Udara segar dapat melakukan keajaiban. Anda telah bekerja sangat keras! Anda harus istirahat. Ini juga dapat membantu selama hari yang buruk bahkan sebelum hari kerja selesai. Melangkah keluar hanya selama 15 menit dapat membantu Anda menyegarkan diri. 

    Jika hari Anda sudah selesai di kantor, pertimbangkan untuk berjalan ke kafe untuk minum kopi.

    Matikan Smartphone Anda.

    Sumber Freepik


    Fokus pada membangun keseimbangan kehidupan kerja yang sehat. Mungkin sulit untuk mengabaikan email atau pemberitahuan teks di penghujung hari kerja, terutama jika Anda merasa bahwa segala sesuatunya tidak berjalan seperti yang Anda inginkan. Tapi Anda bisa melihat semua pesan esok hari.

    Untuk saat ini, sebaiknya cabut, matikan, dan luangkan waktu untuk bersantai.
    Pilih film atau acara TV untuk ditonton atau bersantai dengan buku yang bagus.
    Jika memungkinkan, matikan telepon Anda saat Anda bersantai di malam hari. Satu menit menatap layar dapat dengan mudah berubah menjadi satu jam, jadi sebaiknya hindari godaan.

    Merenungkan atau Meditasi

    Sumber Freepik


    Luangkan waktu untuk menenangkan pikiran Anda. Setelah hari yang buruk di tempat kerja, Anda mungkin merasa agak terpencar dan kewalahan, dan menemukan cara untuk mengalihkan perhatian Anda untuk sementara hanya akan membuat Anda merasa lebih sibuk. 

    Meditasi memungkinkan Anda untuk memfokuskan kembali, menenangkan diri, dan terhubung dengan apa yang benar-benar Anda rasakan.

    Atur timer di ponsel Anda selama sekitar 5-10 menit. Duduklah di tempat yang tenang dan nyaman, tutup mata Anda, dan fokuslah pada pernapasan Anda.

    Perhatikan setiap sensasi di tubuh Anda, mulai dari bagian atas kepala hingga kaki. Mungkin Anda mengalami sakit kepala tegang atau merasa ada simpul di perut Anda. Saat Anda mengeluarkan napas, bayangkan napas Anda menyebar ke tempat-tempat itu di tubuh Anda. 
    Cobalah meditasi tutorial jika Anda merasa bingung untuk memulainya sendiri. Anda dapat menemukan yang bermanfaat secara online untuk membantu Anda memulai.

    Bicaralah dengan keluarga, teman atau pasangan Anda.

    Sumber Freepik


    Telepon seseorang di perjalanan pulang Anda atau undang teman. Terkadang menyenangkan untuk curhat kepada seseorang yang hanya ingin mendengarkan. Dan jika Anda belum siap untuk membicarakan perasaan Anda dulu dan hanya ingin ditemani, tidak apa-apa juga.

    Cobalah untuk tidak memendam semua masalah yang ada sendiri. Anda mungkin merasa bahwa ini adalah cara terbaik dan paling efisien untuk membuat segalanya tetap berjalan, tetapi dalam jangka panjang, itu akan membuat Anda merasa lelah dan tidak bahagia.

    Jika Anda masih bekerja dan tidak bisa terlalu detail, mengobrollah dengan rekan kerja favorit Anda, yang Anda tahu akan menghibur Anda. Ini bahkan mungkin mengubah hari Anda!

    Merapihkan ruang kerja Anda.

    Sumber Freepik

    Ini sangat penting jika Anda bekerja dari rumah. Ruang Anda yang tidak teratur dapat mencegah Anda bersantai dengan benar di malam hari. Tetapi penting juga untuk merapikan meja kantor Anda sebelum Anda pergi di malam hari sehingga Anda dapat mulai berpikiran jernih dan fokus keesokan paginya.
     
    Sisihkan 5-10 menit di penghujung hari untuk dengan cepat mendaur ulang kertas-kertas yang berserakan, mengumpulkan barang apa pun, dan menyiapkan ruang kerja Anda untuk hari yang baru besok.

    Buat daftar tugas untuk besok.

    Sumber Freepik


    Apa yang mengganggu Anda hari ini mungkin bisa jadi akan terjadi besok. Atur tugas Anda menjadi bagian yang dapat dikelola, alih-alih proyek jangka panjang yang rumit. Misalnya, jika Anda memiliki presentasi untuk dikerjakan, mulailah daftar Anda dengan menulis garis besar, lalu buat slide atau alat bantu visual apa pun, dan terakhir, tulis catatan apa pun yang mungkin Anda perlukan. 

    Jika Anda dapat membuat rencana, menetapkan tujuan, dan mengatur hari Anda sebelumnya, pekerjaan mungkin tidak terasa menakutkan. 

    Ini dapat membantu Anda menetapkan tujuan jangka pendek dan melacak hal-hal yang juga dapat meningkatkan efisiensi Anda dalam bekerja, seperti olahraga, asupan air, dan kegiatan lainnya.

    Luangkan waktu untuk melakukan sesuatu yang Anda sukai.

    Sumber Freepik


    Ini sering merupakan bagian penting dari perawatan diri yang diabaikan. Padahal ada lebih banyak waktu untuk kehidupan Anda daripada pekerjaan. 

    Coba ingatkan diri Anda tentang aktivitas yang membuat Anda merasa damai, seperti memotret, melakukan rutinitas perawatan kulit, atau mendengarkan musik. Kemudian habiskan setidaknya satu jam setelah bekerja hanya melakukan itu.

    Anda juga dapat menemukan hobi yang benar-benar baru, seperti melukis atau mempelajari instrumen baru, untuk memberi makan sisi kreatif Anda dan memerangi efek dari kelelahan.

    Jika Anda masih bekerja, istirahatlah sejenak untuk mengerjakan teka-teki silang singkat di ponsel Anda atau membaca satu bab dari buku Anda.

    Tanyakan pada diri Anda apa yang dapat Anda lakukan besok.

    Sumber Freepik


    Pertimbangkan apa yang membuat hari ini sangat buruk dan pikirkan apa yang dapat Anda lakukan untuk menghindari kesalahan atau hambatan yang sama besok. Ini seringkali lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tetapi Anda bahkan mungkin tidak menyadari ketika Anda jatuh ke dalam pola lama yang sama. 

    Itu hanya terjadi kadang-kadang, dan kemudian kita melakukan kesalahan yang sama. Jadi, meluangkan waktu untuk berhenti sejenak dan merenung bisa sangat membantu.

    Pertimbangkan: Apakah ada tugas lain yang dapat Anda lakukan besok? Apakah mungkin bagi Anda untuk mengerjakan pekerjaan baru atau berkolaborasi dengan rekan-rekan Anda dalam pekerjaan yang sedang saya kerjakan sekarang?

    Istirahat malam yang baik dan tidur tepat waktu.

    Sumber Freepik


    Idealnya tidur membutuhkan 8 jam penuh, tetapi ini berbeda untuk setiap orang. Umumnya, jika Anda sering terbangun dengan perasaan lelah dan lelah sepanjang hari, maka Anda mungkin tidak cukup istirahat. Tubuh Anda membutuhkan waktu untuk mengisi ulang energi pada hari-hari baik dan buruk, jadi jadikan tidur sebagai prioritas.

    Cobalah untuk tetap pada jadwal di mana Anda tertidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Anda akan memiliki tidur yang lebih nyenyak di malam hari, yang berarti peningkatan energi di siang hari.

    Evaluasi apa saja yang sudah Anda pelajari.

    Sumber Freepik

    Selalu ada pelajaran di balik hari yang buruk. Tetapi sering kali pengalaman terburuk yang paling mengajari Anda tentang diri Anda, etos kerja Anda, dan apa yang pada akhirnya Anda inginkan dan butuhkan dari pekerjaan ini. 

    Tanyakan pada diri sendiri: Apa yang terjadi? Apa yang bisa saya lakukan lebih baik lain kali? Bagaimana saya bisa meminta bantuan agar hari-hari seperti ini tidak terjadi di masa depan? Bagaimana saya bisa memanfaatkan ini? 

    Dalam beberapa bulan, Anda akan dapat melihat ke belakang dan melihat seberapa jauh Anda telah melangkah.

    Pertanyaan Yang Sering Diajukan

    Tanya : Bagaimana Anda menghibur setelah hari yang buruk?
    Jawab : Tinggalkan pekerjaan Anda di tempat kerja. Jangan membawa pulang apa pun yang berhubungan dengan pekerjaan kecuali benar-benar diperlukan. Ketika Anda tiba di rumah, lakukan sesuatu yang membantu Anda rileks dan bersantai. Perlakukan setiap hari sebagai hari baru. Jika Anda menemukan diri Anda berjuang di tempat kerja, latihlah kesadaran. Lakukan apa pun yang dapat Anda lakukan untuk menenangkan diri dan membuat diri Anda rileks.



    Posting Komentar

    Lebih baru Lebih lama

    Formulir Kontak