Cara Menghilangkan Jerawat Menggunakan Cuka Apel

Daftar Isi [Tutup]

    Hilangkan Jerawat dengan Cuka Apel?

    Jerawat adalah hal yang umum timbul ketika seseorang dalam masa puber. Hal ini terjadi ketika timbul benjolan pada wajah, dan bisa mengganggu penampilan. Banyak orang yang melakukan segala cara agar jerawat dapat hilang dengan cepat. Namun, tidak sedikit dari pengobatan tersebut menimbulkan bekas jerawat setelahnya.

    Dikarenakan hal tersebut, banyak orang mencari cara agar mempunyai wajah yang mulus tanpa adanya bekas jerawat. Banyak orang percaya bahwa cuka apel untuk wajah dapat bermanfaat menghilangkan jerawat. Tapi apakah hal itu benar?


    Apa Itu Cuka Apel ?

    Cuka apel terbuat dengan metode melumatkan apel serta memeras cairannya. Sehabis cairan apel didapat, nantinya hendak dimasukkan bakteri serta ragi buat mengawali proses fermentasi alkohol. Semacam tipe cuka yang lain, cuka apel sudah dikenal sebab kemampuannya melawan banyak tipe kuman serta virus. Cuka apel dilaporkan memiliki sebagian asam organik yang sudah teruji bisa membunuh kuman Propionibacterium acnes pemicu jerawat. 

    Secara umum, asam suksinat dalam cuka apel sudah teruji dapat menekan infeksi yang diakibatkan oleh P.acnes serta bisa menghindari timbulnya jaringan parut. Tidak hanya itu, asam laktat sudah teruji bisa melenyapkan sisa jerawat. Terlebih lagi, cuka sari apel bisa menolong menekan minyak berlebih yang dapat menimbulkan jerawat. 

    Apa Saja Manfaat Cuka Apel ?

    Cuka apel memang sedang populer di kalangan komunitas sehat karena sederet manfaatnya. Cuka apel dipercaya bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, seperti menurunkan kadar gula darah, menurunkan berat badan, dan mengurangi risiko kanker.

    Ada juga yang mengklaim bahwa ada juga manfaat cuka apel untuk wajah dan bisa membantu menghilangkan jerawat. Cuka apel mengandung antioksidan dan antibakteri yang cukup tinggi. Ini menjadi salah satu ramuan alami perawatan wajah di rumah, salah satunya sebagai obat jerawat.

    Cuka apel mengandung asam asetat, sitrat, laktat dan suksinatnya yang banyak dibuktikan studi ilmiah dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, yakni propionibacterium acnes. Nah penasaran kira-kira manfaat apa saja manfaat cuka apel dari segi kesehatan?

    • Mencegah Komplikasi 

    Ada beberapa pembuktian ilmiah mengatakan cuka apel dapat mencegah komplikasi dan masalah jantung, dapat meningkatkan rasa kenyang dalam jangka singkat. Serta mengurangi kandungan glukosa pada tubuh. Sangat bermanfaat untuk orang penderita diabetes, ya.
    • Menghilangkan Kutil
    Cuka Apel juga dikenal membantu menghilangkan kutil. Cukup oleskan cuka apel pada kutil dan tunggu hingga mengering.
    • Membantu Mengatasi Hiperpigmentasi
    Hiperpigmentasi adalah kondisi perubahan warna kulit akibat produk melanin berlebih. Biasanya ini juga dikenal dengan kulit belang. Kandungan asam asetat pada cuka apel dipercaya membantu meratakan warna kulit secara alami.
    • Menurunkan Berat Badan
    Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi cuka setiap hari oleh orang yang mengalami obesitas mengakibatkan hilangnya lemak perut, penurunan lemak darah, dan penurunan berat badan.
    • Anti Inflamasi
    cuka apel efektif dalam pengobatan infeksi telinga. Larutan pH pada cuka apel dapat membantu proses penyembuhan.
    • Menjaga Kesehatan Kulit
    Efek anti bakteri dan antimikroba alami dari cuka apel membantu menghilangkan bakteri, kotoran, sisa makeup dan sel kulit mati dari kulit.
    • Menghilangkan Bau Kaki
    Faktanya, cuka apel bisa membantu menghilangkan bakteri penyebab bau tak sedap yang membuat kaki berbau. Cuka apel juga bisa membantu mengeringkan keringat yang berkembang biak di dalamnya.

    Lalu, apakah cuka apel aman digunakan pada wajah ?

    Disebutkan bahwa seseorang yang menerapkan metode ini aman dilakukan dan tidak akan mengalami gangguan apapun. Walau begitu, cobalah untuk menghindari terlalu lama mendiamkannya karena dapat mengiritasi kulit dan jangan lakukan jika kamu memiliki kulit sensitif.

    Sekarang yang harus diketahui adalah cara membuat resep cuka apel agar dapat digunakan. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk hal tersebut:

    Cara penggunaan cuka apel untuk menghilangkan bekas jerawat

    1. Awali dengan membersihkan wajah dengan cuci muka yang ringan dan keringkan.
    2. Campur cuka apel mentah dengan air dalam mangkuk, Gabungkan 1 sendok makan cuka apel dengan 3 sendok air ( Gunakan lebih banyak air buat kulit sensitif)
    3. Sehabis wajah dibersihkan, oleskan campuran tersebut ke bekas jerawat dengan lembut menggunakan kapas.
    4. Diamkan cairan tersebut selama 5 hingga 20 detik jangan terlalu lama karna akan mengiritasi kulit. 
    5. Setelah itu bilas dengan air dan keringkan.
    6. Ulangi proses ini 1- 2 kali per hari, cocok kebutuhan
    Penting untuk dicatat kalau mengoleskan cuka apel ke kulit bisa menimbulkan iritasi kulit, sehingga wajib sering digunakan dalam jumlah kecil serta diencerkan dengan air.


    Post a Comment

    Previous Post Next Post

    Contact Form