Apakah Zinc Bisa Buat Mengobati Jerawat ?

Daftar Isi [Tutup]

    Apa Itu Zinc ?

    Zinc adalah salah satu mineral yang penting bagi tubuh. Zinc bisa didapatkan dari daging sapi, kerang-kerangan atau udang, dan kacang-kacangan. Kekurangan zinc yang parah masih ditemukan di negara berkembang. Kekurangan zinc dapat menyebabkan masalah pertumbuhan, diare, kerontokan rambut dan masalah sistem imun. 

    Zinc berguna untuk membantu penyembuhan luka, berperan dalam indera perasa dan penciuman, membantu pertumbuhan sel, dan mengurai karbohidrat.


    Apakah Zinc bisa buat obat jerawat ?

    Zinc bukanlah pengobatan jerawat, namun beberapa penelitian menyatakan banyak penderita jerawat kekurangan zinc. Suplemen zinc diberikan pada orang yang kekurangan zinc dan berdasarkan rekomendasi dokter.  

    Mengkonsumsi santapan sumber seng Zinc ataupun seng merupakan nutrisi berguna dibutuhkan tubuh buat perkembangan sel, penciptaan hormon, metabolisme, serta peranan imunitas tubuh. 

    Zinc Merupakan salah satu perawatan natural buat jerawat yang sangat banyak dipelajari. Riset menampilkan kalau orang- orang dengan jerawat cenderung mempunyai kandungan zinc yang lebih rendah dalam darah mereka daripada mereka yang mempunyai kulit bersih. Sebagian riset menunjukkan kalau komsumsi zinc dapat membantu kurangi jerawat. 

    Tidak hanya santapan yang memiliki zinc, mengkonsumsi zinc dalam bentuk suplemen pula dapat dicoba. Dalam suatu riset, 48 penderita dengan jerawat diberikan suplemen zinc 3 kali satu hari. Setelah 8 minggu, 38 penderita mendapati mengalami pengurangan jerawat 80- 100 persen.

    Berapa Dosis Zinc Yang Dianjurkan Untuk Mengobati Jerawat ?

    Dosis maksimal Zinc buat jerawat belum diresmikan, namun sebagian riset sudah menampilkan pengurangan signifikan jerawat mengkonsumsi Zinc 30- 45 mg per hari. 

    Sedangkan, batasan atas konsumsi zinc yang direkomendasikan aman yaitu 40 miligram per hari. Jadi, perihal yang terbaik dalam mengasup zinc buat menyingkirkan jerawat ialah tidak melebihi jumlah itu kecuali di dasar pengawasan dokter. 

    Sangat banyak komsumsi Zinc bisa menimbulkan efek samping, diantaranya adalah anoreksia, gangguan pembekuan darah, perubahan kadar besi dalam darah, perunahan pigmentasi kulit, kembung, susah BAB, diare, pusing, mulut dan hidung kering, gula darah rendah dan masih banyak efek samping lain, tetapi pada umumnya suplemen zinc aman selama digunakan dengan benar.  

    Apa Saja Manfaat Zinc ?

    Zinc memiliki banyak khasiat yang tak bisa diremehkan. Mulai dari menambah kekebalan tubuh, menangani jerawat, hingga mempercepat penyembuhan luka. Mari simak penjelasannya di bawah ini:

    1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

    Zing merupakan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh, jika tubuh kekurangan zinc maka sistem imun kita akan melemah. Beberapa studi menunjukan dengan mengkonsumsi makanan ang mengandung zinc sebanyak 80-92 mg per hari dapat mempercepat pemulihan pilek. Zinc juga mampu mengurangi resiko infeksi dan meningkatkan kekebalan tubuh.

    2. Mempercepat penyembuhan luka

    Zinc mengandung kolagen dan respons terhadap peradangan, sehingga zinc dapat membantu mengobati luka baka dan jenis luka pada kulit lainnya. 

    3. Menurunkan risiko penyakit terkait usia

    Beberapa penelitian membuktikan lansia yang mengkonsumsi Zinc mengalami penurunan resiko pneumonia, lansia yang mengkonsumsi Zinc dengan dosis 45 mg perhari mengalami penurunan tingkat infeksi hingga 66 persen. 

    4. Mengobati jerawat

    Jerawat terjadi dikarnakan terdapatnya penyumbatan dipori-pori kulit, sel-sel kulit mati dan minyak yang berlebih sehingga bakteri yang tersumbat di pori-pori dapat memicu infeksi jerawat.

    Sebuah studi menunjukan Zinc membantu mengurangi infeksi dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

    5. Meningkatkan kualitas sperma

    Kekurangan Zinc didalam tubuh memicu rendahnya kualitas sperma dan hormon testosteron, serta meningkatnya risiko infertilitas pria.

    Sebuah penelitian menunjukkan Zinc dapat membantu meningkatkan kadar testosteron dan mengkatkan jumlah sperma. Namun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hubungan antara konsumsi zinc dan kesuburan pria.

    6. Mengatasi diare

    Penelitian membuktikan sesorang yang mengonsumsi suplemen zinc selama 10 hari dapat mengurangi dampak diare.

    7. Menjaga kesehatan jantung

    Tubuh membutuhkan suplai zinc untuk menjaga kesehatan sel di dalam sistem kardiovaskular. Selain itu, kecukupan asupan zinc setiap hari dalam tubuh juga dapat menunjang sirkulasi darah yang sehat, menurunkan tekanan darah, serta mengatur kadar kolesterol yang semuanya dapat memengaruhi kesehatan jantung.


    Post a Comment

    Previous Post Next Post

    Contact Form