Teknik Pemasaran dan Riset Kata Kunci Untuk Website Perusahaan

Daftar Isi [Tutup]

    TipsBaru.com - Pemasaran mesin pencari adalah bagian penting dari pemasaran internet yang melibatkan penggunaan platform online untuk menargetkan pelanggan dengan iklan

    Apa Itu Riset Kata Kunci ?

    Riset kata kunci adalah strategi pemasaran yang efektif; oleh karena itu, penting bagi setiap perusahaan untuk melakukan penelitian kata kunci sebelum meluncurkan situs website mereka. Melakukan penelitian kata kunci merupakan proses yang memakan banyak waktu, tetapi dapat memberi Anda wawasan tentang cara meningkatkan produk dan bisnis Anda.

    Riset kata kunci membantu perusahaan menentukan bagaimana mereka ingin situs web mereka tampil di mesin pencari. Ini adalah proses berbasis data yang melibatkan analisis kebiasaan pengguna dan mengidentifikasi kata kunci yang digunakan pengguna untuk menemukan produk atau layanan Kamu.

    Bagaimana Cara Riset Kata Kunci ?

    Perusahaan dapat menggunakan perangkat lunak analisis kata kunci atau melakukan analisis kata kunci secara manual dengan menganalisis input pengguna di situs web mereka. Dalam kedua kasus tersebut, hasil akhirnya tetap sama yakni daftar kata kunci yang digunakan oleh orang-orang yang mencari barang dan jasa. 

    Perusahaan konsultan juga dapat membantu bisnis dalam menentukan kata kunci mana yang paling efektif untuk kebutuhan mereka. Misalnya, perusahaan yang berspesialisasi dalam gaun pengantin mungkin menargetkan "gaun pengantin" sebagai kata kunci karena ini dapat meningkatkan lalu lintas dan penjualan situs web.

    Memanfaatkan Fitur Google

    Google memunculkan banyak saran kata kunci langsung di SERP. Fitur seperti Google Autocomplete, People Also Ask, atau Penelusuran Terkait, dapat menjadi sumber ide kata kunci yang bagus.

    Dengan fitur Autocomplete (saran otomatis), Anda hanya perlu menuliskan seed keyword kedalam pencarian Google dan saran kata kunci akan muncul secara otomatis.



    Anda dapat menggabungkan kata kunci dengan huruf yang berbeda dari alfabet untuk menemukan lebih banyak ide pelengkapan otomatis, misalnya gaun pengantin muslimah, gaun pengantin tradisional dan lainnya.

    Anda juga dapat melihat saran kata kunci lainnya di bawah page navigasi hasil pencarian Google, yaitu Penelusuran terkait;


    Manfaatkan Aplikasi Riset Gratis

    Pada panduan ini saya akan mengguankan Ubersuggest (dapat ditemukan dipencarian Google) untuk penelitian kata kunci. Saya menggunakan versi gratis, untuk fitur tambahan bisa membayar biaya langganan. Disni saya mencoba menggunakan kata kunci “GAUN PENGANTIN sebagai kata kunci benih;


    Disini Anda sudah paham bahwa kata kunci GAUN PENGANTIN memiliki persaingan yang tinggi. Bahkan demikian juga dengan ide kata kunci yang disarankan.

    Selain menemukan saran kata kunci, ini juga menghitung kesulitan peringkat untuk kata kunci dan membantu Anda menganalisis kondisi SERP.

    Setelah perusahaan memiliki daftar kata kunci yang relevan, langkah selanjutnya adalah mengoptimalkan situs web mereka untuk mesin pencari sehingga pengguna lebih mungkin menemukannya melalui optimisasi mesin pencari (SEO). SEO melibatkan penataan konten sehingga muncul di bagian atas daftar mesin pencari untuk kata kunci yang relevan. Ini termasuk hal-hal seperti tag judul dan judul di bawah tag kata kunci utama serta elemen lain yang membuat situs web kalian tampil menonjol di halaman hasil mesin pencari (SERP). 

    Strategy Media Sosial

    Perusahaan juga harus membuat strategi media sosial yang efektif sehingga mereka dapat memperoleh eksposur melalui saluran ini juga. Adalah naluri bisnis yang baik bagi perusahaan untuk menggunakan kata kunci perusahaan sejenis mereka saat mempromosikan produk atau layanan mereka. Dengan cara ini, mereka dapat memanfaatkan pasar yang sudah dibangun oleh perusahaan sejenis. Namun, melakukan hal ini memerlukan perencanaan yang matang agar kalian tidak secara tidak sengaja meniru pelanggan perusahaan sejenis kalian dengan promosi penjualan kalian sendiri.

    Sebuah konsep yang dikenal sebagai “pembajakan pelanggan” dalam jargon pemasaran internet. Misalnya, jika perusahaan gaun pengantin mengkhususkan diri pada gaun renda, mereka dapat menggunakan "gaun renda" sebagai kata kunci saat mempromosikan gaun pengantin di situs media sosial seperti Facebook dan Instagram. Mereka kemudian akan muncul di bagian atas situs media sosial untuk gaun renda dan dapat mendorong lebih banyak penjualan menggunakan kata kunci perusahaan sejenis mereka tanpa menyalin pelanggan mereka terlebih dahulu!

    Seberapa Pentingkah Kata Kunci ?

    Penelitian kata kunci adalah bagian penting dari pemasaran internet karena membantu perusahaan menentukan cara terbaik untuk memasarkan produk mereka melalui mesin pencari. Hal ini dapat dilakukan secara manual atau menggunakan perangkat lunak; bagaimanapun, ini menghasilkan informasi yang berguna untuk bisnis yang direncanakan sesuai dengan strategi penelitian kata kunci. 

    Menggunakan strategi SEO seperti optimasi tag judul dan judul di bawah, tag kata kunci utama akan meningkatkan peringkat lebih jauh ketika menargetkan kata kunci yang relevan dengan situs web. Dari sana, masuk akal bagi setiap bisnis untuk memanfaatkan peluang dengan menargetkan pelanggan potensial menggunakan kata kunci mereka sendiri!



    Post a Comment

    Previous Post Next Post

    Contact Form