Mobil Listrik Mulai Menggantikan Mobil BBM!? Listrik VS Bensin Mana Yang Lebih Baik?

Daftar Isi [Tutup]

    Kendaraan Listrik Akan Menggantikan Kendaraan BBM?

    Sumber freepik.com

    Pada akhir tahun kemarin masyarakat Indonesia dibuat heboh dengan berita kalau BBM premium dan juga Pertalite akan dihapuskan, Alasan pemerintah karena gak ramah lingkungan dan juga untuk mengurangi beban subsidi negara atas penyediaan BBM. 

    Makanya nih karena isu ini santer dibicarakan keberadaan kendaraan listrik mulai diperhitungkan, Bahkan bukan cuma masyarakat namun pemerintah Indonesia juga punya Proyek besar dalam bidang tersebut dengan nilai proyek ratusan Triliun Rupiah. 

    Nah karena kedua isu BBM dan juga listrik ini bagaimana kalau hari ini kita membahas dan membandingkan keduanya yakni kendaraan listrik versus kendaraan BBM 

    Sebagai negara dengan tingkat kemacetan cukup parah di berbagai kota besar, masyarakat Indonesia memang gak bisa memungkiri, kalau udah banyak kendaraan bermotor yang tersebar di Indonesia, berdasarkan data BPS jumlah kendaraan bermotor di Indonesia sudah mencapai 136,13 juta atau lebih dari setengah penduduk Indonesia. 

    Dengan jumlah ini pasar kendaraan di Indonesia udah pasti besar banget, makanya untuk yang pertama ini Ayo kita ngebandingin harga dari kendaraan listrik dan juga BBM yang bakal dibagi untuk motor dan juga mobil. 

    Kira-kira Mana nih yang lebih pengen kamu beli? oke di kelas motor, harga motor listrik itu bisa kita lihat dari motor listrik yang mengikuti Event IIMS atau Indonesian electric Motor Show pada November 2021 kemarin. Pada ajang event tersebut setidaknya ada beberapa motor dengan variasi harga berbeda yang dipamerkan, 

    1. Mulai dari Smooth Tempur seharga 14 juta rupiah 

    2. Motor volta 401 seharga 19,7 juta rupiah 

    3. Hingga motor Honda PCX elektrik yang dirumorkan harganya itu 109 juta rupiah 

    Nah jika dibandingkan dengan motor BBM harga motor BBM lebih murah, 

    1. Karena paling murah aja bisa kita dapat dibawah 14 juta kayak Honda Beat Berikut ini 

    2. Apalagi kalau mau ngebandingin dengan PCX BBM yang harganya cuma 30-34 juta rupiah

    yang berarti tiga kali lebih murah ketimbang PCX electric tadi.

    kemudian di kelas mobil kita juga bakal menyeret mobil listrik yang juga hadir di event yang sama, Nah di sini ada fakta mencengangkan tentang harga mobil listrik karena salah satunya ternyata ada di bawah 100 juta rupiah mobil tersebut adalah 

    1. Wuling Hongguang Mini EV yang harganya mencapai 64 juta rupiah 

    karena insentif dari pemerintah China, namun entah Berapa sih harganya kalau insentif tersebut dicabut. 

    Untuk jajaran mobil listrik lainnya semuanya itu terbilang Mahal seperti :

    2. Nissan Leaf diharga 649 juta rupiah 

    3. Hyundai Kona diharga 697 juta rupiah 

    Jika dibandingkan dengan mobil BBM sejuta umat di Indonesia nih harga tersebut terbilang sangat mahal karena 

    1. Avanza saja berkisar 228 juta rupiah 

    2. Agya berkisar 144 juta rupiah 

    Jadi secara harga udah bisa kita simpulkan nih, kalau harga kendaraan listrik lebih mahal ketimbang harga kendaraan BBM. 

    Kalau harga kendaraan listrik yang lebih mahal ketimbang kendaraan BBM namun gimana dengan penggunaan bahan bakar keduanya? 

    Siapakah yang lebih murah dan lebih irit?

    Dijaman sekarang Tentu dong banyak orang yang memimpikannya kendaraan yang enggak sampai bocor dompet ya, untuk menjawab hal tersebut kita bisa pilih nih mengutip perkataan direktur utama PLN Darmawan prasodjo, tentang perbandingan penggunaan BBM dan juga listrik pada kendaraan sehari-hari, Dalam pemaparannya 1 liter BBM bisa menempuh jarak yang sama dengan 1,3 kilowatt-hour listrik pada kendaraan listrik yaitu 10-12 km 

    Jika nyinggung tentang harganya fakta mencengangkan bisa kita ketahui karena sangat jauh berbeda, satu liter BBM seharga Rp8.000, sedangkan 1,3 kilowatt-hour hanya seharga Rp1.400 perbandingan harga ini bisa kita simpulkan kalau penggunaan kendaraan listrik akan jauh lebih hemat dari segi bahan bakar ketimbang kendaraan yang menggunakan BBM. 

    Oh iya dari testimoni influencer otomotif seperti om fitra eri, penggunaan kendaraan listrik yang praktis karena tidak usah ngantri di pom bensin dan juga bisa lebih hemat. 

    However, kepraktisan ini harus dibayar mahal, Karena untuk lebih efisien mereka yang punya mobil listrik harus memasang meteran baru untuk charger mobil listrik. Selain alasan lebih praktis, pemasangan tadi juga bisa mempermudah pengisian mobil listrik karena punya fasilitas pengisian pribadi. Karena untuk fasilitas pengisian umum, Indonesia baru memiliki 112 tasiun di seluruh Indonesia, yang jumlah itu lebih kecil ketimbang SPBU yang tersebar lebih dari 7000 titik di seluruh Indonesia

    Setelah mengetahui dari segi harga dan juga efisiensi bahan bakar, Sekarang mari kita membahas ongkos perawatannya, Tentu dong hal ini juga menjadi perhatian bagi mereka yang lagi bimbang memilih mobil listrik atau mobil BBM, Nah untuk mengetahui hal ini ternyata lembaga survei independen yaitu we predict sudah memiliki data hasil survei tentang perbandingan ongkos perawatan mobil listrik dan juga mobil BBM, Dalam survei tersebut ditemukan kalau biaya survey mobil listrik ternyata lebih mahal pada tiga bulan pertama ketimbang mobil BBM, namun lebih murah Saat memasuki tahun pertama dan tiga tahun pertama, Perbandingan biaya yang cukup jauh tadi disebabkan oleh jumlah sparepart dalam mobil BBM yang ternyata lebih banyak ketimbang mobil listrik.

    Nah hasil survei dari we predict, Sebenarnya masih menjadi perdebatan nih dikalangan pecinta mobil, Karna pada akhir tahun kemarin, Salah satu pemilik mobil listrik Tesla meledakkan mobilnya Sendirinya di Finlandia, Hal ini disebabkan biaya perawatan mobil yang mencapai 22 Ribu US dollar atau sekitar 315 juta rupiah. Wah jadi Emang belum ada data pasti tentang perawatan dan juga perbaikan mobil listrik, karena penggunaannya masih sedikit, 

    Mungkin saja data yang memuaskan baru bisa kita peroleh sekitar dua hingga tiga tahun ke depan, Oke itu tadi pembahasan perbandingan kendaraan listrik dan juga kendaraan BBM kali ini. 

    Nah setelah membaca ulasan tadi, Kamu lebih pilih mana nih kendaraan listrik kah atau BBM Kalau Saya sih Masih Milih kendaraan listrik karena ga ribet ya ,Yah tergantung pilihan masing-masing pokoknya, Kamu tinggal sebutin jawaban kamu di kolom komentar biar ramai dan sampai jumpa di Artikel berikutnya. 

    Post a Comment

    Previous Post Next Post

    Contact Form