Tips Agar Terlihat Lebih Awet Muda

Daftar Isi [Tutup]

    Penuaan adalah bagian alami dari kehidupan bagi pria dan wanita, tetapi itu bukan berarti itu selalu menyenangkan. Jika Anda khawatir kehilangan penampilan dan sikap awet muda, Anda tidak sendirian. Jangan khawatir Anda berada di artikel yang tepat. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menjadi lebih awet muda tanpa merusak rekening bank Anda atau menjalani operasi, seperti merawat kulit Anda dengan penuh perhatian dan mengubah gaya rambut Anda.

    Membuat Wajah Anda Terlihat Lebih Muda

    Sumber Freepik

    1. Pilih pembersih wajah yang lembut. 

    Kulit yang menua tidak membutuhkan produk yang keras seperti yang sering digunakan remaja, karena biasanya tidak ada minyak berlebih. Jika pembersih Anda terlalu keras, itu akan menghilangkan minyak alami kulit Anda, dan karenanya mengeringkan kulit dan menyebabkannya menua lebih cepat. 

    Cari yang ditujukan untuk kelompok usia Anda, atau yang menggambarkan diri mereka lembut atau melembapkan . Wanita harus melembabkan wajah mereka kapan saja sebelum mereka memakai make-up. 

    Membersihkan wajah tetap penting seiring bertambahnya usia, karena menghilangkan sisa bahan kimia dari lingkungan Anda atau riasan apa pun yang dapat menyebabkan penuaan jika dibiarkan pada kulit.

    2. Melembabkan setelah dibersihkan. 

    Sangat penting untuk memberi kulit Anda tambahan kelembaban sehingga dapat merawat dirinya sendiri. Kulit kering lebih cepat menua jika tidak dilembabkan.

    Carilah pelembab anti-penuaan dengan persentase bahan aktif yang tinggi. Jika ragu untuk membeli yang mana (ada ratusan di pasaran), coba lihat ulasan atau coba cari penelitian ilmiah yang mendukung produk tersebut. 

    Pastikan produk yang Anda pilih kaya vitamin dan sangat melembapkan, tidak seperti produk yang mungkin pernah Anda gunakan di masa muda Anda.
    Dan ingat, pelembab tidak hanya untuk wanita, ada banyak produk serupa di pasaran yang ditujukan untuk pria.

    3. Gunakan pelindung matahari setiap hari. 

    Sumber Freepik

    Ada banyak pelembab yang sudah mengandung perlindungan SPF di dalamnya, dan ini karena sangat penting untuk melindungi kulit Anda dari sinar UV yang berbahaya setiap hari untuk menghindari kerusakan akibat sinar matahari.

    Matahari adalah salah satu faktor utama penyebab penuaan dini, sehingga para ahli kulit menyarankan Anda untuk memakai setidaknya SPF 15 setiap hari untuk menghindari kerutan, bintik-bintik coklat, dan kulit kusam. Selain itu, ini akan melindungi Anda dari kanker kulit.

    Anda dapat mengoleskan tidak hanya di wajah Anda, tetapi juga di dada dan bagian atas tangan Anda jika Anda hanya akan berada di bawah sinar matahari sebentar. Ini akan mencegah bintik-bintik di dada dan tangan Anda. Namun, jika Anda akan benar-benar berada di bawah sinar matahari, Anda harus mengoleskan ke seluruh tubuh Anda.

    4. Eksfoliasi kulit Anda. 

    Pengelupasan dengan lembut mendorong pembaruan sel kulit, sehingga mendorong kulit tampak lebih muda. Pilih sesuatu yang ditujukan untuk kulit yang lebih tua karena lebih lembut dan cenderung tidak mengeringkan atau merusak kulit. Pengelupasan kulit juga baik dilakukan karena membuat kulit Anda terasa lebih lembut dan terlihat lebih cerah. Untuk pria, pengelupasan kulit sebelum mencukur wajah dapat membuat proses mencukur lebih mudah karena lebih banyak mengekspos rambut.

    5. Rapihkan rambut wajah Anda. 

    Sumber Freepik

    Untuk pria, ini akan membuat Anda terlihat lebih rapi dan tidak berantakan sehingga Anda terlihat bagus seiring bertambahnya usia, dan bagi wanita, ini akan menyembunyikan efek samping penuaan ini. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat untuk setiap jenis kelamin:

    Pria: Jaga agar wajah Anda tetap bersih dicukur atau dipangkas rapi, dan selalu rapikan bulu hidung dan telinga Anda. Anda dapat membeli pemangkas bulu hidung di apotek setempat dan sangat sederhana dan tidak menyakitkan untuk digunakan. Membiarkan rambut ini tumbuh liar menambah usia dan juga membuat Anda terlihat lebih berantakan. Pastikan untuk mencabut bulu hidung itu juga, jika Anda ingin menghindari tampilan orang tua itu.

    Wanita: Rambut wajah terkadang bisa muncul pada wanita setelah menopause karena perubahan kadar hormon. Untuk menghilangkannya , dan karena itu menyembunyikan usia Anda sedikit lebih baik, ada beberapa cara mudah untuk mencegahnya termasuk laser removal, waxing, krim obat menghilangkan rambut / hair removal, dan threading.
    Wanita juga harus memastikan agar alisnya terlihat cukup tebal. Seiring bertambahnya usia, alis Anda mungkin mulai menipis, jadi pastikan untuk mewarnainya dengan pensil yang sesuai dengan warna alis Anda agar Anda terus terlihat awet muda.


    6. Kenakan riasan yang membuat Anda terlihat lebih awet muda (bagi wanita). 

    Ada puluhan trik make up yang bisa membantu wanita membuat fiturnya tetap menonjol sekaligus menyembunyikan tanda-tanda penuaan. Triknya adalah menyembunyikan noda tersebut sambil menonjolkan fitur terbaik Anda, seperti mata Anda. Berikut beberapa trik untuk dicoba:

    Pastikan Anda menggunakan concealer berwarna krem. Concealer apa pun yang berlilin atau yang bisa membuat kue sebenarnya bisa membuat Anda terlihat lebih tua. 
    Oleskan sedikit perona pipi pada bagian atas tulang pipi Anda, tetapi jangan gunakan perona pipi di bagian cekungan pipi Anda. Seiring bertambahnya usia, wajah Anda akan benar-benar kehilangan lemak, dan pipi Anda secara alami akan menjadi sedikit cekung. Ini bisa membuat Anda terlihat sedikit lebih tua, jadi tidak perlu menekankannya lebih jauh dengan perona pipi yang terlalu banyak. 

    Mulailah menggunakan eyeliner cokelat alih-alih hitam. Seiring bertambahnya usia, warna hitam akan mulai terlihat terlalu mencolok dibandingkan dengan bagian wajah lainnya. Cokelat akan menciptakan bingkai yang lebih lembut di sekitar mata Anda.

    Pamerkan bulu mata Anda. Seiring bertambahnya usia, bulu mata Anda secara alami akan menjadi lebih tipis dan lurus, jadi lawanlah dengan menjepit bulu mata Anda atau bahkan memakai maskara penebalan jika Anda bisa.

    Minimalkan drama di sekitar bibir Anda. Warna lipstik pucat yang bagus bisa menjadi tambahan yang bagus untuk wajah Anda, tetapi jangan terlalu banyak melapisi bibir Anda atau memakai lipstik yang cerah, bibir Anda akan menipis seiring bertambahnya usia, dan tidak perlu berlebihan.

    Membuat Tubuh Anda Terlihat Lebih Muda

    1. Menjaga kesehatan gigi. 

    Sumber Freepik

    Gigi yang bagus bisa langsung membuat Anda terlihat lebih muda dan lebih menarik. Pastikan Anda memiliki rutinitas perawatan gigi yang baik, ini harus mencakup menyikat gigi, flossing dan menggunakan obat kumur. 

    Jika gigi Anda tidak cukup putih, atau jika Anda memiliki masalah dengan gigi Anda, pergilah ke dokter gigi untuk meminta nasihat. Anda bisa mendapatkan pemutihan profesional, atau jika Anda memiliki masalah seperti pembusukan, gigi miring atau gigi bernoda, Anda bisa mendapatkan perawatan ini.

    Ada juga produk pemutih yang dijual bebas yang juga bisa efektif, meskipun Anda mungkin ingin berkonsultasi dengan dokter gigi untuk meminta nasihat terlebih dahulu.
    Gigi dapat menunjukkan usia Anda yang sebenarnya lebih dari bagian tubuh lainnya, jadi mulailah lebih awal dengan rutinitas perawatan gigi total Anda.

    2. Tutupi Rambut abu-abu Anda. 

    Sumber Freepik

    Ini bukan untuk semua orang, karena beberapa orang suka mengayunkan rambut abu-abu atau pedas mereka. Namun, banyak orang ingin menghilangkan uban, dan ada banyak pewarna rambut di pasaran yang bisa mengatasinya. Sebaiknya pilih warna yang cukup mirip dengan warna rambut alami Anda agar terlihat lebih alami. 

    Anda dapat memilih untuk mengecat rambut Anda di salon, atau Anda dapat memilih opsi yang lebih murah dan membeli perangkat pengecatan rambut di rumah. Namun, Anda harus ingat bahwa semua pewarna rambut merusak rambut, jadi hindari mengecatnya terlalu sering, dan gunakan produk yang dirancang untuk merawat rambut rusak atau diwarnai.

    Sebagai cara untuk menghindari mewarnai rambut terlalu sering, Anda dapat mengoleskan pewarna rambut terutama pada akar di mana warna rambut asli Anda terlihat, biarkan di sana lebih lama, lalu kerjakan sisanya melalui rambut selama beberapa menit terakhir. Alternatif lain adalah dengan membeli root touch-up kit yang sesuai dengan pewarna rambut yang Anda gunakan.

    Wanita harus mempertimbangkan untuk mendapatkan sorotan dengan mewarnai rambut mereka, untuk menambahkan tepi yang lebih lembut pada tampilan baru mereka.
    Coba gunakan pewarna rambut alami atau organik yang bebas dari bahan kimia berbahaya. Anda akan memiliki rambut yang lebih baik dan itu akan lebih baik.

    3. Perbarui gaya rambut Anda. 

    Lihat beberapa majalah gaya atau bahkan beberapa majalah gosip selebriti dan lihat gaya rambut apa yang populer akhir-akhir ini. Anda tidak harus pergi untuk sesuatu yang ultra-trendi jika itu bukan hal Anda, tetapi mendapatkan potongan rambut yang cocok untuk Anda lebih baik daripada yang lama Anda dapat membuat Anda terlihat satu dekade lebih muda. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika Anda pergi untuk potongan rambut baru: 

    Wanita :
    Pertimbangkan untuk memakai poni jika Anda memiliki dahi yang lebih besar dan sesuai dengan bentuk wajah Anda. Mereka akan membuat Anda terlihat lebih muda.
    Lapisan juga bisa memakan waktu bertahun-tahun dari usia yang Anda lihat. Mereka akan membuat rambut Anda terlihat lebih bertekstur, lapang, dan bervolume, dan akan menghilangkan tampilan datar dan berserabut yang mungkin diderita rambut Anda.

    Potong rambut Anda sehingga membingkai wajah Anda dan jatuh di atas bahu Anda. Memotong beberapa inci dari rambut Anda akan membuat Anda terlihat bertahun-tahun lebih muda. Pastikan Anda tidak memotongnya terlalu pendek sehingga Anda akhirnya terlihat seperti sedang mengguncang tampilan Nenek.

    Pria :
    Biarkan rambut Anda tumbuh sedikit sehingga fitur Anda terlihat tidak terlalu kasar. Tapi jangan biarkan rambut Anda menjadi terlalu kusut atau Anda akan terlihat sedikit lebih kuyu dan tua.
    Jika Anda mengalami kebotakan, pertimbangkan untuk mencukur rambut Anda. Ini akan membuat Anda terlihat lebih muda daripada hanya membiarkan kebotakan Anda terlihat.

    4. Berpakaianlah sesuai usia dan bentuk tubuh Anda. 

    Mengenakan pakaian yang sesuai ukuran tubuh Anda dapat membuat Anda langsung terlihat lebih ramping dan lebih trendi, tanpa harus berusaha terlalu keras. Hal ini juga berlaku untuk pria, meskipun bentuk tubuh pria memiliki variasi yang lebih sedikit dibandingkan dengan bentuk tubuh wanita. Anda tidak akan terlihat lebih muda jika Anda berpakaian seperti orang setengah usia Anda. Pada kenyataannya, ini dapat membuat Anda terlihat lebih tua. Sebaliknya, fokuslah pada pakaian yang tepat untuk Anda.

    Wanita tidak perlu menunjukkan belahan dada tambahan untuk terlihat lebih muda, alih-alih, kenakan kemeja yang menonjolkan fitur terbaik Anda tanpa terlalu menonjolkan bagian dada Anda.

    Jika Anda tidak tahu apa yang harus dibeli, cobalah meminta teman atau anggota keluarga dengan gaya yang baik untuk pergi ke beberapa toko dengan Anda, atau jika Anda tidak nyaman melakukan ini, lihat di majalah dan lihat hal-hal apa yang Anda sukai. model di sana dan lihat bagaimana Anda dapat menerapkannya pada diri Anda sendiri.

    Jika Anda masih tidak yakin, pergilah ke toko dan mintalah saran dari pramuniaga, atau pergi saja dan ambil semua item pakaian yang Anda suka tampilannya, bahkan jika menurut Anda itu mungkin tidak cocok untuk Anda, bawalah ke ruang ganti dan bersenang-senang mencoba hal-hal baru. Akhirnya, Anda akan terkejut dengan sesuatu dan akan memiliki sesuatu yang baru dan segar.

    5. Kenakan warna-warna cerah. 

    Warna-warna cerah akan membuat Anda terlihat lebih muda, menyenangkan, dan bersemangat. Mengenakan warna-warna cerah juga akan membuat Anda merasa lebih muda dan energik. Singkirkan semua pakaian berwarna hitam, abu-abu, dan berwarna netral dan hiasi lemari pakaian Anda dengan beberapa warna merah, oranye, hijau, dan warna meriah lainnya. Meskipun warna hitam dan lebih gelap dapat melangsingkan, warna tersebut juga membuat Anda terlihat sedikit lebih tua dari usia sebenarnya.

    Anda tidak harus benar-benar menyingkirkan pakaian berwarna gelap Anda. Tetapi jika Anda mengenakan kemeja hitam, misalnya, tambahkan dasi warna-warni atau perhiasan berwarna cerah.

    6. Aksesori yang tidak berlebihan (untuk wanita). 

    Wanita harus menyingkirkan kalung dan anting-anting yang agak berlebihan yang membuat mereka  sedikit lebih tua, demi perhiasan yang lebih trendi. Anda akan terlihat jauh lebih muda jika Anda memiliki anting-anting yang lucu dan bergaya daripada mengenakan anting-anting mutiara dan kalung yang serasi yang sangat Anda sukai. 

    Wanita yang memakai cincin warna-warni juga dikatakan terlihat lebih muda karena cincin menambah bumbu pada pakaian mereka.
    Selain itu, ini membantu untuk mendapatkan manikur dan pedikur secara teratur. Perawatan tangan ekstra ini akan membuat Anda terlihat lebih muda.

    7. Latihan Ringan / Olahraga. 

    Sumber Freepik

    Ini bisa jadi sulit, beberapa orang terlalu sibuk, tidak yakin apa yang harus dilakukan atau berpikir mereka terlalu tidak layak untuk mulai berolahraga. Namun, bahkan olahraga dalam jumlah kecil tapi teratur akan membantu Anda tetap energik dan bersemangat, yang tidak hanya akan membuat Anda terlihat muda, tetapi juga membuat Anda merasa muda! 

    Kombinasikan ini dengan diet yang sehat dan seimbang dan Anda akan berada dalam kesehatan yang lebih baik lebih lama, memiliki lebih banyak energi dan mencegah penyakit yang dapat menambah penampilan Anda selama bertahun-tahun. 

    Buatlah komitmen untuk berolahraga setidaknya selama 30 menit sehari. Jika sangat sulit untuk menjadikan olahraga sebagai rutinitas harian Anda, usahakan untuk berjalan sebanyak mungkin. Berjalanlah ke toko kelontong selama 20 menit daripada mengemudi, berjalanlah saat Anda sedang mengobrol di telepon dengan teman-teman Anda, atau cobalah berjalan setidaknya dua jam seminggu.

    Meskipun tetap bugar itu penting, menurunkan berat badan secara drastis atau diet mungkin membuat Anda tiba-tiba kehilangan banyak berat badan, tetapi itu sebenarnya bisa membuat Anda terlihat lebih tua. Menurunkan berat badan dengan cepat dapat membuat kulit wajah dan leher Anda terlihat sedikit kendor, jadi lebih baik untuk tidak berlebihan dan menurunkan berat badan secara bertahap. Diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak sebenarnya dapat membantu menurunkan berat badan.
    Beberapa latihan yang bagus untuk orang tua termasuk yoga, Pilates, bersepeda, hiking mudah, dan tenis.

    8. Makanlah makanan yang membuat Anda terlihat lebih muda. 

    Sumber Freepik

    Meskipun tidak ada makanan ajaib yang akan menghilangkan sepuluh tahun dari wajah Anda, ada beberapa makanan yang dapat Anda makan secara teratur yang dapat membuat Anda terlihat dan merasa lebih muda. Berikut adalah beberapa makanan yang harus Anda masukkan ke dalam diet Anda jika Anda belum melakukannya: 
    • Jeruk. Kandungan vitamin C pada buah yang lezat ini dijamin akan membuat Anda merasa awet muda.
    • Brokoli. Sayuran ini memiliki vitamin C dan sifat yang membantu menjaga hati Anda tetap kuat.
    • Yogurt rendah lemak. Ini dapat membantu kulit Anda dan memberi Anda kalsium yang Anda butuhkan untuk kesehatan gigi.
    • Berry Antioksidan dalam segala jenis berry dapat membantu menjaga kulit Anda tetap segar.
    • Ubi jalar. Ini bagus untuk kulit dan rambut Anda.
    • Wortel. Ini adalah makanan fantastis lainnya untuk kulit Anda.

    9. Melakukan yoga. 

    Sumber Freepik

    Melakukan yoga adalah cara berdampak rendah untuk menjaga pikiran dan tubuh Anda, menghilangkan stres, dan membuat diri Anda merasa lebih bersyukur atas kehidupan yang diberikan kepada Anda. Lihatlah sekeliling studio yoga dan lihat betapa muda dan energiknya semua wanita, pasti pergi ke yoga setidaknya sekali atau dua kali seminggu tidak ada salahnya Anda terlihat muda. Yoga juga merupakan cara yang bagus untuk berolahraga, menyembuhkan cedera, atau berolahraga sebagai pemula (jika Anda mengikuti kelas untuk pemula.) 
    Melakukan yoga juga umumnya mempromosikan gaya hidup sehat yang akan membantu Anda terlihat lebih muda.

    10. Kurangi stres sebanyak yang Anda bisa. 

    Sumber Freepik

    Itu fakta bahwa gaya hidup stres akan membuat Anda lelah dan tidak bahagia, dan akan membuat Anda keriput. Cobalah untuk mengurangi jumlah tanggung jawab yang Anda miliki, dan temukan cara baru untuk mengatasi tuntutan hidup. Cobalah luangkan waktu setidaknya satu jam sehari untuk bersantai dan melakukan sesuatu seperti bersantai di bak mandi sambil membaca buku yang bagus, atau menonton acara TV favorit Anda. Meskipun tidak mungkin untuk sepenuhnya menghilangkan stres dari hidup Anda, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk meminimalkan stres yang Anda rasakan.
    Ini berarti menghindari situasi yang membuat Anda stres.

    Buatlah daftar sepuluh hal yang paling membuat Anda stres. Sekarang, tuliskan lima cara Anda dapat mengurangi keterpaparan Anda pada setiap hal, jika Anda bisa.
    Tentu saja, ada beberapa hal stres yang tidak dapat Anda hindari, seperti orang tua yang sudah lanjut usia atau pasangan yang kehilangan pekerjaan. namun, Anda memiliki kekuatan untuk mengembangkan sikap yang lebih positif terhadap hal-hal ini.

    11. Jangan merokok. 

    Sumber Freepik

    Jika Anda seorang perokok, lakukan upaya bersama untuk berhenti merokok sesegera mungkin (lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, kan?). Ini adalah salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan jika Anda mencoba untuk tidak terlihat tua. Itu membuat bibir Anda lebih tipis, kulit Anda lebih kering dan lebih keriput, dan kusam serta rambut dan kuku Anda berubah warna. Selain itu, berhenti merokok akan membuat Anda jauh lebih sehat dan kecil kemungkinannya terkena penyakit serius di masa depan.

    Post a Comment

    Previous Post Next Post

    Contact Form