Cara Menghilangkan Bulu yang Tumbuh ke Dalam Kulit

Daftar Isi [Tutup]

    Jika Anda melihat benjolan tertentu di wajah Anda dan tidak dapat mengenali benjolan tersebut, sadarilah bahwa itu mungkin yang Anda sebut bulu tumbuh ke dalam. Nah, ini tentang pria yang bisa menumbuhkan bulu di wajah karena bercukur. Bagi wanita, benjolan atau bulu yang tumbuh ke dalam ini bisa ada di kaki, ketiak atau tempat lain yang telah dicukur untuk menyingkirkan bulu yang tidak diinginkan!

    Yang Dimaksud Bulu Tumbuh ke Dalam Kulit

    Secara sederhana, bulu yang tumbuh ke dalam adalah bulu yang melengkung dan tumbuh kembali ke kulit Anda. Anda bisa melihat bintik-bintik merah yang terangkat di area di mana satu atau lebih bulu Anda tumbuh di dalam kulit Anda. Terkadang, bintik-bintik ini terisi dengan nanah dan menjadi bulu tumbuh ke dalam. Bulu yang tumbuh ke dalam ini bukanlah masalah serius tapi mereka hanya membuat jengkel saja. Namun, bulu yang terinfeksi tumbuh sakit bisa menjadi serius jika tidak segera teratasi. Jika Anda tidak merawat bulu yang tumbuh ke dalam, itu akan berkembang menjadi massa di bawah kulit Anda yang secara bertahap menebalkan kulit Anda dan akhirnya menjadi kista. Kista tumbuh ke dalam tubuh bisa berubah menjadi merah dan terinfeksi dan infeksi selalu menjadi hal yang perlu dikhawatirkan. Jadi, mengapa tidak menyingkirkan bulu yang tumbuh ke dalam saat Anda melihatnya pertama kali. Anda dapat dengan mudah melakukannya melalui pengobatan rumahan tertentu. Hal terbaik adalah mencegah bulu tumbuh ke dalam. Tapi bagaimana caranya? Ini akan kita bahas nanti. Pertama mari kita tahu apa yang menyebabkan bulu tumbuh ke dalam sehingga Anda memiliki beberapa gagasan tentang bagaimana cara mencegah bulu tumbuh ke dalam kulit.

    Penyebab Bulu Tumbuh ke Dalam Kulit

    Pria atau wanita, tidak ada yang terhindar dari bulu yang tumbuh ke dalam. Pada pria, bulu yang tumbuh ke dalam dapat dilihat sebagai benjolan kecil di dagu, pipi, atau leher mereka, biasanya setelah dicukur. Pada wanita kebanyakan sebagian besar pada kaki mereka, ketiak dan daerah kemaluan. Terkadang bulu tumbuh ke dalam juga berkembang pada bokong, di bagian bawah tulang ekor. Pria lebih rentan dibanding wanita yang memiliki bulu tumbuh ke dalam di daerah ini. Jika bulu-bulu yang tumbuh ke dalam pada bokong ini tidak diobati secara tepat, maka akan terinfeksi menjadi kista, yang disebut kista pilonidal. Hal ini membuat jelas bahwa bulu yang tumbuh ke dalam adalah penyebab kista pilonidal tapi apa penyebab bulu tumbuh ke dalam!

    Bulu Keriting atau Kasar: Orang dengan bulu keriting atau kasar lebih cenderung menumbuhkan bulu. Bulu seperti itu dapat dengan mudah meringkuk kembali ke tanah dan masuk kembali ke kulit Anda, terutama setelah Anda bercukur, berkeringat atau berkelebat untuk mengeluarkan bulu yang tidak diinginkan. Bulu yang tumbuh kembali memiliki tepi yang lebih tajam dan dengan demikian lebih mudah agar bulu semacam itu masuk kembali ke kulit. Terkadang, bulu ini ikal kembali ke folikel bulu bahkan tanpa keluar dari kulit Anda!

    Folikel Bulu Tersumbat: Folikel bulu Anda mungkin tersumbat akibat sel kulit mati. Seperti bulu yang tumbuh kembali tidak menemukan jalan di luar kulit. Namun, terus tumbuh menyamping di dalam folikel. Ini jelas berakibat pada bulu yang tumbuh ke dalam.

    Ketidakseimbangan Hormon: Terutama pada wanita, tingkat hormon seks yang lebih tinggi menghasilkan pertumbuhan bulu yang berlebihan. Kondisi ini secara medis dikenal sebagai hirsutisme. Wanita seperti itu mungkin juga sering mengalami bulu tumbuh tumbuh ke dalam kulit.

    Lantas, bagaimana menyingkirkan bulu yang tumbuh ke dalam kulit? Berikut adalah beberapa solusi untuk menyingkirkan bulu yang tumbuh ke dalam kulit serta teknik tertentu untuk menghilangkan bulu yang telah terbenam.

    Bagaimana Cara Mengatasi Bulu yang Tumbuh ke Dalam Kulit

    Bulu tumbuh ke dalam biasanya hilang dengan sendirinya. Namun jika tidak Anda mungkin perlu cara menghilangkan bulu yang tumbuh ke dalam kulit atau mengobatinya dengan beberapa obat agar tidak terinfeksi. Jika Anda pergi ke dokter mungkin akan membuat potongan kecil pada kulit Anda untuk menghilangkan bulu yang tumbuh ke dalam. Kemudian dokter memberi Anda obat-obatan tertentu untuk mengobati pembengkakan dan infeksi, jika ada. Terkadang dokter juga meresepkan obat untuk mengangkat sel kulit mati guna mengurangi perubahan warna kulit Anda karena bulu tumbuh ke dalam kulit. Jika Anda ingin menghindari obat-obatan, Anda bisa mengikuti pengobatan herbal tertentu untuk menyingkirkan bulu yang tumbuh ke dalam kluit dan juga sel kulit mati yang mungkin menyebabkan penyakit.

    1. Gunakan Garam untuk Menghilangkan Bulu yang Tumbuh ke Dalam

    Butiran garam membantu mengelupaskan kulit Anda dan mengelupas sel-sel mati yang mungkin menyebabkan pori-pori tersumbat, salah satu alasan utama di balik bulu tumbuh ke dalam kulit. Tidak hanya garam adalah agen pengelupasan yang sangat baik, ini juga meningkatkan sirkulasi darah Anda dan mendorong penyembuhan lebih cepat untuk mengurangi pembengkakan pada kulit Anda.

    • Tambahkan garam ke air dan aduk rata.
    • Sekarang rendam bola kapas di larutan ini dan oleskan ini pada wajah bulu Anda yang tumbuh ke dalam wajah. Gosok kapas dengan lembut di atas area tersebut. Garam membantu mengeluarkan bulu yang tumbuh ke dalam dengan membersihkan dan mengelupaskan kulit.

    Ulangi setiap hari namun jika Anda melihat bahwa menggunakan larutan air garam ini memberi Anda kulit yang merah atau teriritasi, berhentilah menggunakannya. 

    2. Scrub Gula untuk Menyembuhkan Bulu Tumbuh Masuk ke Dalam Kulit 

    Gula meski tidak asin seperti garam, namun sebagai pengelupas kulit yang lembut daripada garam! Ini juga membantu Anda menyingkirkan sel kulit mati sehingga bulu Anda tumbuh ke dalam terjebak di dalam bisa keluar dan membebaskan Anda dari rasa sakit dan iritasi.

    Sementara Anda selalu bisa menggunakan gula dengan sedikit air tapi menggunakan minyak tertentu seperti jojoba atau minyak zaitun membuat kulit Anda lembut dan terhidrasi yang hanya membantu melepaskan bulu yang tumbuh ke dalam dengan mudah. Agar scrub ini lebih efektif lagi, gunakan minyak esensial tertentu seperti minyak pohon teh atau minyak lavender. Sementara yang pertama benar-benar baik untuk bulu tumbuh ke dalam yang terinfeksi karena sifat antinya bakteri, minyak lavender menenangkan peradangan dan kemerahan kulit Anda karena bulu tumbuh ke dalam kulit.

    • Campur semua bahan: Gula - 1 gelas, Minyak (zaitun / jojoba) - 1/2 cangkir, Minyak pohon teh (opsional) - 10 tetes, Minyak lavender (opsional) - 10 tetes.
    • Oleskan sebagian ke area kulit yang terkena.
    • Gosok dengan lembut dalam gerakan melingkar sampai butiran gula larut atau melakukannya selama sekitar 2-5 menit.
    • Cuci bersih dengan air.
    • Ulangi setiap hari selama sekitar 7 hari dan lakukan sekali atau dua kali seminggu atau bilamana perlu.

    Jika Anda merasa kulit Anda teriritasi dengan scrub, berhenti menggunakannya dan memilih beberapa obat lain.

    Anda dapat menyimpan scrub yang sudah disiapkan dalam wadah kedap udara dan menjauhkannya dari panas secara langsung.

    3. Minyak Jarak Menyembuhkan Bulu Tumbuh ke Dalam Kulit

    Ini sangat berguna untuk bulu yang tumbuh ke dalam yang terinfeksi, di mana Anda juga telah masuk ke benjolan kulit Anda di sekitar  bulu yang tumbuh ke dalam. Minyak jarak membantu membuka pori-pori yang tersumbat dan memiliki efek penarikan pada nanah. Nanah dilepaskan saat Anda menggunakan minyak jarak. Ini membersihkan daerah sehingga memudahkan bulu tumbuh ke dalam untuk keluar.

    • Ambil minyak dan oleskan lapisan tebal di daerah yang terkena.
    • Biarkan sekitar 10-15 menit.
    • Sekarang basahi kain lap dan peras airnya yang berlebihan.
    • Usap daerah tempat Anda mengoleskan minyak dengan lap ini.
    • Ulangi minimal 2-3 kali sehari sampai Anda menyingkirkan bulu yang tumbuh ke dalam.

    4. Minyak Pohon Teh untuk Bulu Tumbuh ke Dalam

    Sementara minyak pohon teh tidak selalu memperlakukan bulu yang tumbuh ke dalam tetapi mencegah infeksi berkembang di daerah tersebut. Hal ini disebabkan sifat antibakteri dan antiseptiknya. Anda juga bisa terbebas dari pembengkakan dan kemerahan karena sifat anti-inflamasi dari minyak pohon teh.

    • Tambahkan minyak pohon teh ke air.
    • Oleskan ini ke daerah bulu yang tumbuh ke dalam.
    • Biarkan sekitar 10 menit.
    • Cuci bersih dengan air bersih.
    • Ulangi dua kali sehari.

    5. Bawang Putih untuk Bulu Tumbuh ke Dalam Kulit

    Bawang putih memiliki sifat anti bakteri dan anti-virus yang baik. Hancuran bawang putih segar bisa menyembuhkan berbagai macam infeksi bakteri. Senyawa belerang bawang putih juga menunjukkan sifat antiinflamasi yang sangat baik yang dapat membantu Anda menyingkirkan pembengkakan dan kemerahan yang berhubungan dengan bulu yang tumbuh ke dalam kulit.

    • Hancurkan bawang putih untuk mendapatkan pastanya.
    • Sekarang terapkan pasta ini ke area kulit yang terkena.
    • Anda mungkin ingin mengisi teh kosong dengan pasta ini.
    • Sekarang tempatkan kantong ini di daerah yang terkena.
    • Cobalah untuk tetap membatasi area yang menumbuhkan bulu hanya karena kulit yang sehat mungkin terkena efek pembakaran karena kekuatan bawang putih.
    • Biarkan mungkin selama 20-30 menit.
    • Ulangi setiap hari sampai Anda menyingkirkan bulu yang tumbuh ke dalam kulit.

    Demikianlah cara menghilangkan bulu yang tumbuh ke dalam kulit. Ini biasa terjadi dengan benjolan merah kecil yang dimana didalam terdapat bulu tersebut.




    Post a Comment

    Previous Post Next Post

    Contact Form